test

Hukrim

Jumat, 30 Desember 2022 16:43 WIB

Kaleidoskop 2022, Berikut Lima Kasus Kriminal Jadi Perhatian Publik

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi garis polisi. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS -  Sepanjang tahun 2022 sedikitnya ada lima kasus kriminal yang cukup menarik perhatian publik.

Kasus Robot Trading Binary Option (Binomo)

Terkait kasus Binomo, pihak Bareskrim memulai penyelidikan terhadap kasus ini.  Kemudian Bareskrim, menaikan status itu ke tahap penyidikan. Berdasarkan hasil itu ditetapkan beberapa orang menjadi tersangka.

Antara lain, Indra Kenz dan Doni Salmanan atau keduanya dikenal sebagai Crazy Rich. Kemudian, dalam kasus itu, penyidik Bareskrim juga memintai keterangan terhadap beberapa nama. Misalnya, Rudy Salim dan Kapten Vincent.

Kasus DNA Pro

Kasus robot trading Binomo menyebabkan Polri membuka daftar beberapa hal kasus serupa yang terjadi. Seperti, kasus DNA Pro. Dalam kasus ini, pihak dari Bareskrim berhasil menetapkan beberapa tersangka.

Kemudian, dalam kasus ini sempat menyeret beberapa artis seperti penyanyi Rossa, Ello, Ivan Gunawan, Billy Saputra, hingga Disk Jokie bernama Una atau DJ Una.

Penyelewengan Dana Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Memulai setengah tahun 2022, hadir kasus besar saat lembaga filantropi ACT diduga melakukan penggelapan dana santunan dari Boeing kepada keluarga korban tewas dari tragedi jatuhnya pesawat Lion Air.

Dalam kasus tersebut, ACT hanya menyalurkan Rp20 miliar saja dari Rp138 miliar yang diberikan oleh perusahaan Boeing melalui Being Community Investment Fund (BCIF) untuk ahli waris korban Lion Air JT610.

Temuan Mayat Perempuan dalam Kantong Plastik di Kolong Tol Becakayu

Kasus yang pertama kali mencuat pada 17 Oktober 2022 ini juga cukup menyita perhatian publik. Publik digegerkan dengan temuan jasad seorang perempuan yang terbungkus plastik di Kolong Tol Becakayu, Jakarta Timur.

Jasad perempuan yang belakangan diketahui bernama Ade Yunia Rizbani alias AYR (36) akhirnya terungkap setelah Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya langsung bergerak cepat mengungkap kasus tersebut.

Dalam pengungkapan tersebut, aparat keamanan tidak butuh waktu lama meringkus Christian Rudolf Tobing (36) yang merupakan dalang pembunuhan terhadap AYR yang dimana masih memiliki hubungan pertemanan.

Berkenaan kasus tersebut, Rudolf pun sempat dianggap sebagai seorang psikopat karena tertawa usai membawa jasad AYR menggunakan troli di sebuah Apartemen kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Saat itu, Rudolf yang sedang berada di dalam lift terekam kamera CCTV sedang tertawa seorang diri usai diduga membawa jasad AYR yang terbungkus plastik hitam.

Kasus Kematian Satu Keluarga di Kalideres

Warga Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat digegerkan dengan adanya penemuan empat orang dalam keadaan tewas pada Kamis (10/11/2022). Keempat jasa tersebut di anataranya seorang bapak berinisial RG (71), anak berinisial DF (42), ibu berinisial KM (66), dan paman berinisial BG (68).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Haris Kurniawan menerangkan penemuan empat mayat itu awalnya saat warga curiga setelah mencium bau busuk yang berasal dari salah satu rumah.

"Pada saat dibuka ditemukan ada empat jenazah di dalam. Dua laki-laki dan dua perempuan," ungkap Haris kepada awak media.

Dalam kesimpulan, kepolisian  menemukan tidak adanya suatu tindak pidana yang dilakukan terhadap ke empat jenazah satu keluarga itu dan resmi menghentikan kasus itu.

"Oleh karenanya maka kasus ini ke depan akan kami hentikan penyelidikannya," tegas Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi, dalam siaran persnya.

BERITA TERKAIT