test

News

Rabu, 30 November 2022 16:42 WIB

Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Maluku Utara Tertinggi di Dunia

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo meminta Provinsi Maluku Utara (Malut) terus menjaga sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang sudah baik. Yaitu mencapai 27 persen.

"Ada Gubernur Maluku Utara. Hati-hati Maluku Utara, hati-hati, hati-hati, jangan main-main, karena pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara itu 27 persen," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Masih dari keterangan Jokowi, pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara tersebut tinggi sekali, bahkan menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia.

"Nggak percaya? Cek, mana ada pertumbuhan ekonomi sebuah provinsi 27 persen?,” sambungnya.

Lebih jauh Jokowi menuturkan, pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara disebabkan oleh hilirisasi karena di wilayah tersebut ada industri smelter yang terus bertumbuh bila industri turunan dari nikel dapat dikerjakan.

"Sebab itu saya titip hati-hati. Bukan hati-hati nggak baik, sudah baik; Tapi hati-hati jangan menjadi nggak baik," ungkap Jokowi.

Jokowi pun mengungkapkan, pengalamannya saat meninjau pasar di Ternate, Maluku Utara, bulan lalu.

Di sana, Kepala Negara mendapati harga-harga komoditas di pasar Ternate sangat stabil. Berdasarkan laporan Bank Indonesia, inflasi di Maluku Utara hanya 3,3 persen.

"Bagaimana nggak senang rakyatnya, inflasi hanya 3,3%, pertumbuhan ekonominya 27%. Sehingga, saya titip tadi kepada gubernur, hati-hati, jangan sampai salah policy sehingga investasi yang masuk ke sana jadi terhambat," tandasnya.

 

 

BERITA TERKAIT