test

News

Kamis, 24 November 2022 17:03 WIB

Raja Malaysia Tunjuk Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri

Editor: Hadi Ismanto

Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai Perdana Menteri Malaysia. (Foto: PMJ News/FMT)

PMJ NEWS - Ketua Pakatan Harapan (PH), Anwar Ibrahim ditunjuk sebagai Perdana Menteri (PM) oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. Anwar Ibrahim akan menjadi PM kesepuluh Malaysia.

Penunjukan ini diumumkan setelah Sultan Abdullah menggelar sidang dengan raja-raja Melayu atau para raja dari sembilan negara bagian Malaysia untuk memecah kebuntuan politik.

Kebuntuan itu dipicu oleh hasil pemilu 19 November yang tidak memberikan suara mayoritas mutlak kepada salah satu partai atau koalisi politik, atau yang berujung parlemen gantung.

"Setelah mempertimbangkan pandangan-pandangan Yang Mulia Penguasai Melayu, Yang Mulia telah memberikan persetujuan untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia," demikian pernyataan Istana Negara Malaysia, Kamis (24/11/2022).

Seperti dilansir dari laman Malaysia Now, proses selanjutnya adalah upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Perdana Menteri yang akan dilaksanakan pukul 17.00 waktu setempat.

"Yang Mulia mengingatkan semua pihak bahwa yang menang tidak memenangkan segalanya dan yang kalah tidak kehilangan segalanya," tambah pernyataan tersebut.

"Faktanya, rakyat tidak boleh dibebani dengan gejolak politik yang tiada henti ketika negara membutuhkan pemerintahan yang stabil untuk memulihkan lanskap ekonomi dan pembangunan nasional," sambungnya.

BERITA TERKAIT