test

Kesehatan

Rabu, 23 November 2022 13:43 WIB

Kemenkes Kirim Dokter Bedah dan Ortopedi Bantu Korban Gempa Cianjur

Editor: Ferro Maulana

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS -  Kementerian Kesehatan menerjunkan tenaga kesehatan beserta dengan logistik obat-obatan dan alat kesehatan untuk membantu penanganan korban terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Untuk diketahui, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengunjungi RSUD Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hari ini Rabu (23/11/2022).

Menurut Menkes, saat ini fokus tenaga kesehatan yaitu memastikan para korban gempa dapat kembali pulih.

Budi pun meminta kepada petugas RSUD Cianjur untuk fokus kepada korban yang mengalami luka berat. Jangan sampai, korban yang mengalami luka berat berujung menjadi korban meninggal.  

"Korban yang sakitnya ringan cepat sembuh, konsentrasinya ke sana," ujar Budi di RSUD Cianjur.

Berikutnya, Kemenkes pun memobilisasi tenaga kesehatan dari sejumlah bidang kedokteran dan tenaga kesehatan.

Adapun mobilisasi yang dilakukan di antaranya, 22 tenaga kesehatan dan satu ambulans dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, 26 tenaga kesehatan dan tiga ambulans dari RSUP Hasan Sadikin.

Kemudian, Kemenkes juga menerjunkan tiga dokter spesialis bedah, satu tim medis, dan satu ambulans dari Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (PABOI), tiga dokter spesialis bedah ortopedi, dan lima petugas Public Safety Center 119.

Selanjutnya, Kemenkes juga memobilisasi logistik kesehatan berupa tenda rangka ukuran 6x12 meter, velbed, kit operasional HEOC, obat-obatan, masker dewasa dan masker anak, APD, oksigen konsentrator, antigen kit, emergency kit, handscoon, body bag, pampers dewasa dan anak, paket kesling, family kit.

BERITA TERKAIT