test

News

Minggu, 23 Oktober 2022 11:04 WIB

Jalankan Arahan Jokowi, Kapolda Metro Minta Anggota Tak Bergaya Hidup Mewah

Editor: Hadi Ismanto

Tim Patroli Perintis Presisi Polres Metro Bekasi Kota dapat Penghargaan dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk tidak bergaya hidup mewah. Dia meminta anggotanya agar bersikap humanis dengan masyarakat.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, kita sebagai anggota Polri dilarang keras menampilkan gaya hidup mewah. Termasuk para anggota Brimob, baik saat sedang berdinas maupun di luar kedinasan," ungkap Fadil Imran kepada wartawan, Sabtu (22/10/2022).

Tak hanya itu, Fadil juga menginstruksikan jajarannya untuk memperhatikan setiap tindakan, terutama penggunaan gas air mata. Menurut dia, hal ini harus sesuai standard operating procedure (SOP).

"Semua personel Satbrimob Polda Metro Jaya harus benar-benar memahami dan menganalisis penggunaan gas air mata, harus sesuai dengan SOP dan protap yang berlaku, agar akibat dari penembakan gas air mata tersebut tidak berdampak pada sekitarnya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, apolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran meminta jajarannya untuk bertindak profesional. Personel harus dapat menerjemahkan Law in The Book menjadi Law in Action.

Hal tersebut disampaikan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Perwira Tinggi dan Perwira Menengah Polri di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (14/10/2022) supaya anggota Polri bertindak profesional dalam bertugas.

"Tindakan polisi mesti mengandung kebenaran hukum bukan menjadikan hukum sebagai pembenaran tindakan kepolisian atau merekayasa hukum," tegas Fadil saat memberikan arahan kepada personel Reserse Polda Metro Jaya, Selasa (18/10/2022).

Fadil menjelaskan, penegakan hukum dengan menerapkan pola pemeriksaan scientific investigation akan menghindari bentuk intimidasi, ancaman, kekerasan fisik maupun psikologis serta laksanakan segala bentuk tindakan kepolisian berdasarkan SOP.

"Saya berharap personel meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dari perilaku-perilaku menyimpang anggota kepolisian di lapangan," tuturnya.

"Meningkatkan kepercayaan publik dengan partisipasi masyarakat melalui pelaporan serta memiliki rasa kepedulian anggota dengan masyarakat," sambungnya.

BERITA TERKAIT