test

Kesehatan

Minggu, 25 September 2022 11:04 WIB

Jaga Kesehatan, Ini Lima Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Salah satu sudut kawasan kota Jakarta. (Foto: PMJ News/Hdi)

PMJ NEWS - Memasuki musim penghujan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah menjaga kondisi kesehatan. Bahkan dianjurkan pula untuk memperkuat imunitas dengan cara menjaga pola makan hingga mengonsumsi vitamin.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu ()25/9/2022, ada ini empat penyakit yang perlu Anda waspadai ketika musim hujan.

1. Demam Berdarah
Tak jarang saat musim hujan tiba beberapa orang terkena demam berdarah, diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejalanya antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, hingga hipersensitivitas.

Oleh karenanya menyediakan obat anti nyamuk, pakaian hangat yang tebal, khususnya kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda.

2. Chikungunya
Chikungunya sebagian besar disebabkan oleh nyamuk yang berasal dari genangan air yang ditemukan di AC, pendingin, tanaman, peralatan, hingga pipa air.

Nyamuk ini bisa menggigit Anda tidak hanya di malam hari tapi juga di siang hari. Nyeri sendi dan demam adalah dua gejala chikungunya yang paling umum.

3. Diare
Penyakit ini menyerang usus, disebabkan karena konsumsi makanan dan air yang tidak higienis. Diare adalah penyakit yang sangat dapat dicegah serta diobati jika seseorang berhati-hati.

Ada dua macam diare, akut dan kronis yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan makan makanan rumahan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Malaria
Malaria disebabkan nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di daerah yang tergenang air. Oleh karena itu, malaria adalah penyakit yang paling umum terjadi selama musim hujan.

Demam, menggigil, nyeri otot, dan lemahnya tubuh merupakan gejala malaria yang paling sering terjadi. Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air di rumah Anda dan menjaga kebersihan lingkungan.

5. Influenza
Ketika udara tak menentu, maka perubahan pada tubuh juga akan ikut terpengaruh. Khususnya saat musim hujan, tak jarang seseorang mudah terkena flu bahkan disertai demam.

BERITA TERKAIT