test

Hukrim

Sabtu, 24 September 2022 21:08 WIB

Satgas Damai Cartenz Ungkap Kronologi Penangkapan Tiga Orang Terlibat KKB

Editor: Hadi Ismanto

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustafa Kamal. (Foto: Dok PMJ/ Istimewa)

PMJ NEWS - Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2022 menangkap tiga orang berinisial YA, MN, dan BK yang terlibat dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Mimika. Salah satunya, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan penangkapan ketiga tersangka yang berawal dari informasi yang diperoleh Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz terkait adanya rencana transaksi senjata api dan amunisi (senmu).

"Setelah mendapatkan informasi terkait adanya rencana transaksi senmu oleh Jaringan senmu KKB Intan Jaya di Kabupaten Mimika, tim langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku," ujar Kamal dalam keterangan persnya, Sabtu (24/9/2022).

"Setelah berhasil mengumpulkan informasi tim langsung bergerak dan melakukan penangkapan pelaku MN di Kabupaten Mimika," sambungnya.

Selanjutnya, dari pengembangan yang dilakukan dari tersangka MN, polisi kembali menangkap dua tersangka lain yakni BK dan YA di Kebun Sirih, Kabupaten Mimika.

“Untuk kedua tersangka di tangkap di lokasi yang berbeda. Dimana untuk tersangka MN berhasil di amankan di SP 5 Depan Kantor Bupati lama dan YA diamankan di kediamannya di Kebun Sirih,” ungkapnya.

Dari penangkapan YA, polisi mengamankan 4 unit handphone, sebuah tas samping warna hitam, 2 buah kantong plastik warna hitam, serta 95 butir amunisi tajam berwarna kuning bergaris hijau caliber 5.56, 18 butir amunisi karet berwarna kuning bertuliskan pin 7.62 TK, dan 9 buah besi rel amunisi bertuliskan pin K50.

BERITA TERKAIT