test

Hukrim

Sabtu, 24 September 2022 18:32 WIB

Polisi Tangkap Tiga Tersangka Penyuplai Amunisi dan Senjata ke KKB di Papua

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal beri keterangan. (Foto: PMJ/dok Polri.go.id).

PMJ NEWS - Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2022 menangkap tiga orang pemasok senjata dan amunisi (senmu) ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Salah satu tersangka yang ditangkap merupakan ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan inisial YA. Dia berperan sebagai penjual amunisi ke KKB.

"YA berperan sebagai penjual Amunisi. Hal itu juga diakuinya dihadapan penyidik, namun YA belum mau terbuka perihal sumber amunisi diperolehnya dari siapa,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Sabtu (24/9/2022).

Selain YA, lanjut Kamal, tersangka kedua berinisial MN berperan sebagai pencari dan pembeli amunisi. MN menjual amunisi perbutirnya dengan harga Rp200.000 dengan total amunisi yang dijual sebanyak 19 butir.

“MN memberikan total amunisi sebanyak 118 butir, sisa 18 butirnya amunisi karet sebagai bonus dari MN,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kamal, tersangka ketiga berinisial BK berperan sebagai pembeli dan pemilik dana. Peranan BK sebagai pembeli memberikan dana total pembelian sebanyak Rp19.000.000.

Kamal menyebut amunisi tersebut rencananya akan diberikan oleh Undius Kogoya yang merupakan Pimpinan KKB Intan Jaya. Saat ini polisi melakukan pengembangan dan pengejaran tersangka lain yang terlibat dengan KKB.

BERITA TERKAIT