test

News

Kamis, 22 September 2022 06:01 WIB

Menko Polhukam: Hacker Bjorka Ngak Ada Apa-apanya

Editor: Hadi Ismanto

Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Dok Kemenko Polhukam).

PMJ NEWS - Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD menilai hacker Bjorka yang sempat menghebohkan media sosial dengan membocorkan data sejumlah pejabat beberapa waktu lalu, tidak ada apa-apanya.

Menurut Mahfud, sejauh ini tidak ada data negara yang bocor seperti yang diklaim Bjorka. Termasuk data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka disebutnya adalah data yang salah.

"(Hacker) Bjorka itu nggak ada apa-apanya. Apa data yang bocor sampai hari ini saya tanya? Apa data negara yang bocor? Nggak ada," jelas Mahfud di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Mahfud mengatakan, data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka bukan curian dari basis data negara. Data tersebut, kata dia, merupakan data yang dibuat sendiri dan kemudian disebarkan. Data yang disebar pun salah.

"Itu (data pribadi pejabat negara yang disebar Bjorka) dibuat sendiri saja terus disebar seakan-akan benar. Datanya juga salah. Coba data saya disebarkan, ditulis nama ibu Siti Aminah. Nama ibu saya bukan Siti Aminah, berarti ngarang dia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Mahfud juga menyinggung Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang baru saja disahkan DPR. Undang-Undang tersebut, dibuat bukan karena ramainya kasus Bjorka namun sudah disahkan dan tinggal menunggu sidang pleno.

"Undang-Undang PDP ini memang undang-undang yang lama ditunggu. Jadi itu sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kebocoran data. Karena ini jauh sebelum ribut-ribut soal Bjorka, itu sudah disahkan di DPR tinggal nunggu sidang pleno," jelasnya.

BERITA TERKAIT