Olahraga

Rabu, 21 September 2022 13:03 WIB

Resmi Dinaturalisasi, Ketua DPR: Selamat untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram @puanmaharaniri).

PMJ NEWS -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengungkapkan pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh bakal meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

"Selamat kepada saudara Jordi Amat Maas dan saudara Sandy Henny Walsh yang sudah mendapatkan persetujuan naturalisasi,” tutur Puan dalam siaran persnya, Selasa (20/9/2022).

“DPR berharap, pemberian kewarganegaraan tersebut dapat memperkuat Timnas Indonesia. Sehingga Tim Garuda makin berprestasi," sambungnya menegaskan.

Lebih jauh Puan mengatakan, pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme itu telah dilakukan berdasarkan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Menurut Puan, atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya. Yakni, prestasi di bidang olahraga.

"Kita sudah beberapa kali berikan naturalisasi kepada atlet dengan hasil yang cukup memuaskan," tutur Puan.

Sebagai informasi, Jordi dan Sandy disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023.

Keduanya, juga ditargetkan sudah akan turun ke lapangan bersama Tim Garuda dalam laga FIFA Match Day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang.

Puan juga mendoakan semoga keberhasilan dapat diraih Timnas Indonesia.

Sebelumnya, DPR juga sudah menyetujui naturalisasi keduanya dalam Rapat Paripurna, Selasa (20/9/2022).

Kedua pemain Timnas itu juga sudah menjalani sejumlah prosedur, termasuk tahap persetujuan oleh Komisi III dan Komisi X DPR RI.

BERITA TERKAIT