test

News

Minggu, 18 September 2022 14:03 WIB

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun SPKLU di Terminal Grogol dan Pulogebang

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta tengah mengkaji pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta tengah mengkaji pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di dua terminal Ibu Kota secara bertahap.

"Saat ini dua titik yang sedang dikaji ada di Terminal Grogol dan Pulo Gebang," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Jakarta, Minggu (18/9/2022).

Lebih lanjut Syafrin mengatakan, kajian yang dilakukan termasuk terkait gambar dan kajian lalu lintas agar nantinya tidak mengganggu fungsi terminal.

Dia menargetkan dalam jangka panjang SPKLU dapat terpasang di masing-masing terminal. Sehingga dapat mengakomodasi khususnya untuk pengisian angkutan umum seperti bus besar dan bus kecil di terminal.

Tak hanya untuk kendaraan umum, lanjut Syafrin, SPKLU itu juga bisa digunakan untuk kendaraan pribadi yang berbasis listrik.

Dalam waktu dekat ini, lanjut dia, pihaknya juga berkolaborasi dengan pihak swasta agar mereka juga membangun SPKLU sehingga mengakomodasi kebutuhan masyarakat umum.

"Agar mereka melakukan pembangunan SPKLU kerjasama dengan anak usaha Jakpro dan itu sedang kami identifikasi di beberapa lokasi terminal nantinya akan dipasang SPKLU untuk mendukung program kendaraan bermotor berbasis listrik," tuturnya.

Sebagai informasi, pendirian fasilitas SPKLU itu sejalan dengan Instruksi Presiden RI Nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah.

BERITA TERKAIT