test

Olahraga

Sabtu, 10 September 2022 07:03 WIB

Miris, Stadion JIS Belum Penuhi Standar Gelar FIFA Matchday Timnas

Editor: Ferro Maulana

Jakarta International Stadium. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Jakarta International Stadium (JIS) dinilai belum memenuhi standar untuk menggelar FIFA Matchday Timnas Indonesia pada 27 September mendatang, pasca menggelar pertandingan pertama di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tiga hari sebelumnya.

Usai melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk melangsungkan FIFA Matchday. Menurut hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Hal itu meliputi area drop off tim, dimana sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara.

Sementara itu, concourse timur belum dapat dipakai, perimeter tribun perlu pengkajian ulang, dan pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh.

Di samping itu, sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

“Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen– 50 persen – 75 persen – 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity,” ungkap Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Yunus melanjutkan, untuk ukuran JIS yang begitu megah (dengan daya tampung 80 ribu kursi) hanya dapat menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu sangat riskan.

Padahal, bila tim Garuda main, animo masyarakat untuk berbondong-bondong ke stadion sangat tinggi.

 Lalu, masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan bila bersamaan keluar akan memakan waktu yang lama.

“Terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk. Bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum. Tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur . Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,” tandasnya.

BERITA TERKAIT