test

News

Rabu, 17 Agustus 2022 21:01 WIB

HUT RI ke-77, Menag Ajak Isi Kemerdekaan dengan Kerja dan Bangun Negeri

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan mengajak jajarannya dan masyarakat Indonesia untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja dan cinta.

"Mari mengisi kemerdekaan ini dengan kerja, kerja, dan kerja. Kita bangun negeri ini dengan hati dan cinta,” ujar Menag usai mengikuti Upacara Proklamasi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Kepada ASN di Kementerian Agama, Menag berpesan untuk membumikan semangat kemerdekaan dengan semangat menjalankan roda birokrasi secara efektif dan profesional, serta dijalankan dengan penuh inovasi dan kreativitas, tidak apa adanya.

“Kita harus berlari meningkatkan kualitas layanan publik, agar masyarakat semakin mudah dan cepat mengakses seluruh layanan yang ada,” tegasnya.

“Ini artinya ASN Kementerian Agama harus berani berfikir 'out of the box’ dalam melahirkan kebijakan publik yang accessible. Tinggalkan cara kerja birokrasi yang mempersulit. Yang sulit dipermudah. Yang mudah dipercepat,” imbuhnya.

Ditambahkannya, ASN Kemenag harus memastikan dirinya sebagai teladan sosok nasionalis yang mampu menjabarkan keberagamaannya dalam bingkai NKRI, profesional, dan berintegritas.

“Tak boleh ada ASN Kemenag yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, karena Pancasila merupakan kesepakatan para pendiri bangsa. Kita harus satu visi sebagai abdi negara, tidak boleh saling menjegal atau bahkan berselisih ideologi,” jelasnya.

“Seluruh ASN Kemenag juga harus menjadi teladan dan penggerak bagi moderasi beragama di masyarakat yang tak mempertentangkan antara semangat keagamaan dan kebangsaan. Pastikan Kemenag hadir dan memberi solusi atas kebutuhan msyarakat,” tandasnya.

BERITA TERKAIT