News

Selasa, 16 Agustus 2022 10:43 WIB

Pakai Baju Adat Babel, Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR pada Selasa (16/8/2022). Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di gedung DPR/MPR sekitar pukul 08.55 WIB.

Presiden dan Ibu Iriana nampak hadir dengan mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung dan langsung bersalaman dengan sejumlah pejabat yang hadir. Jokowi juga berfoto bersama para pimpinan lembaga negara.

Terkait pemilihan baju ini, Sekretaris Pribadi Presiden Jokowi Anggit Nugroho menjelaskan sejatinya baju adat ini awalnya berwarna merah, tapi kemudian menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Untuk tanggal 16, Presiden memilih baju adat Paksian dari Bangka Belitung. Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang dan kain tenun cual khas Bangka," ungkap Anggit.

"Sedangkan untuk penutup kepala dipakaikan sungkon. Pada baju terdapat ornamen hiasan bermotif Pucuk Rebung. Sebenarnya warna asli baju adat Ini berwarna merah, namun selaras dengan perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera pemakainya," sambungnya.

Lebih lanjut Anggit menerangkan, baju adat Paksian ini diperoleh dari perajin lokal di Bangka Belitung. Setelah selesai dibuat, baju adat itu kemudian dibawa ke Jakarta.

"Baju adat ini diperoleh langsung dari perajin lokal di Bangka Belitung. Pihak Sespri menyampaikan ukuran baju dan celana Presiden, mereka yang menjahit dan menyiapkan baju beserta aksesorinya dalam waktu sekitar 3 hari," tuturnya.

BERITA TERKAIT