Hukrim

Rabu, 10 Agustus 2022 13:43 WIB

Hari Ini, Komnas HAM Periksa Puslabfor Terkait Uji Balistik

Editor: Hadi Ismanto

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam. (Foto: YouTube Humas Komnas HAM).

PMJ NEWS - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menegaskan akan tetap melakukan pengecekan kembali soal senjata dan karakter peluru melalui pemeriksaan terhadap tim Puslabfor Mabes Polri terkait uji balistik. Proses tersebut dilaksanakan hari ini, Rabu (10/8/2022).

"Harusnya agenda hari ini itu soal balistik. Balistik itu akan terkait soal senjata, karakter senjata, peluru, dan sebagainya," ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut, Anam juga menyampaikan Komnas HAM menghargai temuan Polri terkait tidak adanya peristiwa tembak-menembak. Namun, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap tim Puslabfor Mabes Polri terkait balistik untuk membangun konstruksi perkara.

"Bagi Komnas HAM, itu putusan dari teman-teman penyidik bahwa tidak ada tembak-menembak, tapi itu penembakan. Kita akan cek, di balistik ini macam-macam, tidak hanya soal tembakan, tapi juga bagaimana konstruksi peristiwanya, pelurunya, proyektil, dan sebagainya," ucapnya.

Selanjutnya, lanjut Anam, hasil uji balistik ini nantinya akan dicocokkan dengan luka yang ada di tubuh Brigadir J.

"Dan itu nanti akan kita match-kan dengan informasi di awal terkait luka luka di jenazah. Walaupun luka-luka di jenazah seperti yang sudah kami sampaikan karena ada permintaan autopsi kedua oleh keluarga dan sudah dilakukan ekshumasi dan autopsi kedua," terangnya.

"Kami akan tunggu proses itu dan kami akan patuh terhadap hasil autopsi kedua," sambungnya.

BERITA TERKAIT