test

Kesehatan

Minggu, 7 Agustus 2022 12:02 WIB

Masuk Usia 40 Tahun, Ini Sejumlah Gangguan Mata yang Wajib Diwaspadai

Editor: Hadi Ismanto

Seiring betambahnya usia, fungsi penglihatan tentunya tidak maksimal. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Seiring betambahnya usia, fungsi penglihatan tentunya tidak maksimal. Apalagi masuk umur 40 tahunan, dimana seseorang bisa saja mengalami beberapa masalah mata yang perlu diwaspadai.

Seorang ahli mata dari Inggris, dr Pamela Miller mengatakan ketika mencapai usia empat dekade Anda mungkin mulai menyipitkan mata untuk melihat dan membaca. Kondisi ini bisa jadi presbiopi.

"Jika Anda merasa kesulitan melihat dekat, mungkin ada baiknya menemui ahli kacamata untuk mengetahui perawatan apa yang terbaik," ungkap dr Miller seperti dilansir dari laman Express, Minggu (7/8/2022).

Selain itu, lanjut Milker, masalah lain pada mata adalah katarak yang juga bisa mengusik di usia 40-an. Katarak dapat membuat lensa mata seolah berawan.

Masalah mata yang satu ini dapat diperbaiki dengan kacamata resep. Hanya saja, untuk orang-orang yang penglihatannya semakin memburuk, operasi korektif mungkin diperlukan.

"Sama seperti katarak, glaukoma juga bisa membuat mata terlihat berawan atau berkabut," jelas dr Miller.

Menurut dr Miller, seiring bertambahnya usia, tekanan di mata dapat tumbuh dan merusak saraf optik, membuat penglihatan kabur. Dalam beberapa kasus Anda bahkan mungkin merasa sakit secara fisik.

Meskipun relatif umum untuk orang berusia 40 dan lebih tua, glaukoma dapat tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Itu karena glaukoma dapat muncul tanpa gejala.

"Inilah mengapa sangat penting untuk menemui ahli kacamata Anda secara teratur karena mereka akan dapat mengetahui kondisinya lebih awal dan memberi Anda rencana perawatan," tuturnya.

Lalu, ada degenerasi makula terkait usia, yaitu saat mulai melihat bintik buta dalam penglihatan. Degenerasi makula atau AMD bisa menjadi risiko serius bagi kesehatan Anda.

Miller menjelaskan, seiring bertambahnya usia, makula, bagian tengah retina yang memungkinkan Anda melihat detail halus, kondisinya memburuk. Jika diketahui sejak dini, kondisi ini bisa diobati dengan suplemen nutrisi dan banyak berolahraga.

"Kasus AMD yang lebih parah mungkin memerlukan suntikan atau terapi laser, namun jika tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan," kata dr Miller.

Yang mengejutkan, kata Miller, penelitian belum lama ini mengungkapkan sekitar 27 persen dari mereka yang berusia di atas 40 tahun belum mengunjungi ahli kacamata dalam lebih dari dua tahun.

Lalu, lebih dari satu dari empat (28 persen) orang Inggris bahkan tidak menganggap kesehatan mata mereka sebagai prioritas. "Jadi jika Anda belum melakukan pemeriksaan mata dalam dua tahun terakhir, sekaranglah waktunya," tukasnya.

BERITA TERKAIT