test

Olahraga

Minggu, 11 Oktober 2020 21:01 WIB

Dramatis, Danilo Petrucci Juarai Seri MotoGP Le Mans Prancis

Editor: Hadi Ismanto

Pembalap Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci juara di MotoGP Le Mans. (Foto: PMJ News/Twitter @Petrux9).

PMJ - Pembalap Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci menyentuh garis finis pertama pada MotoGP Prancis 2020 di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (11/10/2020) malam WIB. Dibelakangnya mengekor Alex Marquez, dan Pol Espargaro.

Balapan MotoGP Le Mans sempat tertunda beberapa menit, penundaan disebabkan guyuran hujan yang tidak merata. Jumlah putaran juga dikurangi satu dari rencana 27 menjadi 26 lap. Race Direction akhirnya menyatakan balapan basah.

Setelah bendera start dikibarkan, Cal Crutchlow sempat melesat sayangnya kemudian kehilangan posisinya. Lintasan basah memakan korban pertama yakni Valentino Rossi, ia terjatuh pada tikungan kedua.

Sementara Fabio Quartararo yang memulai lomba dari posisi terdepan, terdampar di peringkat tujuh. Tiga pembalap terdepan, Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Jack Miller mulai memisahkan diri dari yang lain di putaran lima.

Tiga rider jawara MotoGP Le Mans Prancis 2020. (Foto: PMJ News/Twitter @motogp).

Memasuki pertengahan lomba, Alex Rins perlahan mendekati tiga pembalap Ducati di depan. Benar saja, upaya keras pembalap Suzuki ini membuahkan pada putaran ke-15.

Ia sukses melewati Jack Miller di tikungan kedua untuk naik ke posisi tiga. Namun, Jack Miller memberikan perlawanan dan balik menyalip di tikungan empat.

Perubahan pimpinan lomba terjadi pada putaran 18. Awalnya, Andrea Dovizioso berusaha menyalip Danilo Petrucci. Akan tetapi, ia malah kehilangan posisi kedua karena disalip Alex Rins dan Jack Miller pada tikungan sembilan.

Naas bagi Jack Miller, pada putaran 19 dia harus mengakhiri lomba lebih cepat karena masalah mesin. Kesialan juga dialami Alex Rins pada putaran 20 di tikungan dua. Ia terjatuh saat mengejar Danilo Petrucci. Posisi kedua Andrea Dovizioso, diikuti Alex Marquez.

Pembalap Repsol Honda itu dengan brilian menyalip Andrea Dovizioso untuk posisi dua pada putaran 24 di tikungan enam. Ban yang mulai aus membuat pria asal Italia harus rela disalip Pol Espargaro untuk posisi tiga. Sedangkan Petrucci tak terkejar lagi.

Petrucci akhirnya itu berhasil finis pertama. Itu merupakan kemenangan keduanya di kelas premier sejak MotoGP Italia 2019 pada 2 Juni. Berikut hasil balapan MotoGP Prancis 2020.

1 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)
2 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
5 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)
6 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
8 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
9 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)
10 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
12 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
13 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)
14 Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
15 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)

Crash
Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)
Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1).(Hdi)

BERITA TERKAIT