test

News

Jumat, 22 Juli 2022 20:03 WIB

Jaksa Agung Ingatkan ASN Kejaksaan Netral di Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Keterangan Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Instagram Kejagung).

PMJ NEWS - Jaksa Agung ST Burhanuddin memimpin upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-62. Dalam sambutannya, Burhanuddin meminta jajarannya untuk bersikap netral pada Pemilu 2024 mendatang.

"Saya imbau agar segenap insan Adhyaksa wajib bersikap netral, karena sikap netral sangat diperlukan demi terwujudnya atmosfer demokrasi dan penegakan hukum yang sejuk, kondusif," ungkap Burhanuddin di Lapangan Gedung Menara Khartika, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2022).

Menurut Burhanuddin, sikap netral jaksa sangat diperlukan demi terwujudnya atmosfer penegakan hukum yang sejuk dan kondusif. Tak hanya itu, sikap netral jaksa juga mewujudkan demokrasi yang sehat khususnya dalam mencegah potensi polarisasi politik di Pemilu 2024.

"Karena sikap netral sangat diperlukan demi terwujudnya atmosfer demokrasi dan penegakan hukum yang sejuk, kondusif, serta tidak berpihak dalam mewujudkan demokrasi yang sehat, khususnya dalam mencegah potensi polarisasi politik menuju pesta demokrasi nanti," ujarnya.

Menurut Burhanuddin, meskipun Pemilu masih dua tahun lagi namun suhu politik mulai terasa hangat tahun ini. Dari pengalaman sebelumnya, kata Burhanuddin, tahun politik diwarnai isu netralitas ASN Kejaksaan.

"Pengalaman sebelumnya menyongsong tahun politik sedikit banyak akan diwarnai dengan isu netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), tak terkecuali ASN Kejaksaan," jelasnya.

Terakhir, Burhanuddin mengajak jajarannya bersama-sama memperkuat Soliditas agar tetap fokus dan bekerja secara profesional. Dia mengingatkan jajarannya agar loyal hanya kepada negara.

"Posisi ASN Kejaksaan kedudukannya sebagai pelayan masyarakat dan pelaksana jalannya pemerintahan di bidang penegakan hukum tidak akan lepas dari sorotan publik, karena dinilai berpotensi mampu menggerakkan kepentingan sosial dan kepentingan politik," tukasnya.

BERITA TERKAIT