test

Kesehatan

Rabu, 1 Januari 2020 19:09 WIB

Bukan Cuma Diet, 7 Tips Ini Bisa Jaga Berat Badan Lho

Editor: Ferro Maulana

Lima kebiasaan buruk saat akhir pekan bisa menaikan berat bandan.(Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Memasuki awal tahun 2020, apa resolusi kamu di tahun baru ini? Biasanya kaum hawa akan menjawab menurunkan berat badan. Ini wajar koq, bentuk tubuh ideal memang menjadi dambaan setiap perempuan.

Biasanya jika kamu ingin menurunkan berat badan, dianjurkan untuk menjalani program diet, namun itu tak sepenuhnya berpengaruh. Seperti dilansir laman The List, Rabu (1/1/2020), berikut tips agar berat badan proporsional.

1. Disarankan untuk berhenti diet

Sebuah studi komprehensif membuktikan orang yang diet cenderung mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak. Studi lain menemukan, orang yang melakukan diet teratur 12 kali lebih mungkin untuk makan 2 kali lebih banyak.

2. Fokus pada kesehatan, bukan penurunan berat badan

Kebanyakan orang ketika diet selalu terfokus kepada penurunan berat badannya, bahkan kerap menyepelekan kesehatan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Karena, untuk apa berat badan turun tetapi tidak sehat? Jadi fokuslah pada kesehatan.

3. Lebih banyak konsumsi makanan sehat

Beberapa orang saat ini mulai mengakui manfaat mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, beras merah, bahkan bahan baku lainnya yang tidak diproses. Namun, dengan catatan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

4. Fokus pada makanan saat makan

Seorang ahli gizi terdaftar, Heidi Schauster menyarankan untuk fokus lebih menikmati makanan disetiap gigitan, tidak sembari nonton televisi atau bermain game. Tujuannya adalah agar Anda menyadari sudah berapa banyak makanan yang masuk ke mulut.

6. Makan ketika lapar, berhenti sebelum kenyang

Meskipun filosofi ini bukan sesuatu yang baru, namun hal itu memang baik untuk diterapkan. Ketika Anda sudah melakukan hal ini, Anda bisa menilai, apakah kamu memang lapar atau hanya menginginkannya saja karena ada di depan mata.

7. Lebih banyak berolahraga

Dokter dan ahli diet sama-sama setuju bahwa olahraga itu penting, tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi untuk kesehatan secara keseluruhan.

Ahli gizi terdaftar, Sarah Minkow menyebut salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan adalah melakukan beberapa aktivitas fisik setiap hari.(Hdi)

BERITA TERKAIT