Kesehatan

Kamis, 9 Januari 2020 09:05 WIB

5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kamu Lebih Sehat Lho..

Editor: Ferro Maulana

Kebiasaan sederhana bikin kamu lebih sehat (Foto: Dok Net)

PMJ - Mungkin setiap orang berfikir agar lebih sehat memerlukan 'perjuangan' lebih. Padahal kebiasaan untuk hidup sehat bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan aktivitas pun cukup mudah.

Seperti dilansir laman health.com, Kamis (9/1/2020), berikut sejumlah kebiasaan sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah untuk membuat kualitas hidup Anda lebih sehat.

1. Banyak minum air putih

Kebiasaan ini baik untuk dilakukan. Menurut ahli, Rata-rata kamu perlu mengganti sekitar 2,4 liter (sekitar 81 ons) air sehari. Seorang perintis obat fungsional di Los Angeles, Elroy Vojdani menyebut asupan air diperlukan berdasarkan tingkat aktivitas

Ia juga mengingatkan agar membeli air dalam botol kaca atau, wadah isi ulang. "Dengan botol plastik, Anda bisa menelan bahan kimia seperti BPA dan zat berbahaya bahkan dalam botol bebas BPA," jelas Vojdani.

2. Mengkonsumsi probiotik

Menurut ahli, jika ingin meningkatkan kesehatan jangka panjang, terutama yang memiliki masalah mencerna makanan, probiotik dapat membantu. "Ini mengubah komposisi bakteri dalam usus, kemudian mengurangi peradangan keseluruhan usus," ujar Dr. Vojdani.

Penelitian menunjukkan hubungan antara kesehatan usus dan otak. Secara teori, probiotik dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer atau Parkinson.

Cari probiotik bersertifikat GMP dengan spesies lactobacilli dan bifidobacteria dan setidaknya 20 miliar CFU per porsi. Bawa dengan makanan, lebih baik probiotik berupa sayuran hijau.

3. Menimbang berat badan setiap hari

Menurut Ahli, tindakan tersebut tergantung pada tujuan masing - masing. Jika Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan penurunan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa penimbangan harian dapat membantu keduanya.

Ingat saja bahwa berat badan tidak selalu memberi tahu Anda segala hal yang harus Anda ketahui tentang tubuh Anda. Kurus belum tentu sehat bila tetap menyimpan lemak di tubuhnya.

4. Mengonsumsi suplemen kalsium

Tindakan ini juga tergantung kebutuhan. Menurut ahli, jika kamu tidak mendapatkan kalsium yang cukup dari diet, nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung dan tulang, suplemen dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup.

Saat mengonsumsi kalsium, suplemen dengan vitamin D3 dan vitamin K2-7 membantu tubuh Anda menyimpan kalsium dalam tulang, bukan arteri. Seperti halnya suplemen apa pun, tanyakan kepada dokter Anda tentang dosis dan bentuk yang terbaik untuk kamu.

5. Flossing setiap hari

Membersihkan gigi dengan benang gigi atau flossimg juga dinilai baik untuk kesehatan. Sebab, ada sela-sela gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Pastikan Anda tahu cara menggunakan benang dengan benar.

"Menyikat hanya membersihkan tiga dari lima permukaan gigi yang terbuka, jadi untuk membersihkan dua lainnya, Anda harus menggunakan benang," kata Bill Dorfman, seorang dokter gigi kosmetik yang berbasis di Los Angeles dari ABC's Extreme Makeover. Sela-sela gigi yang tidak bersih dapat mengakibatkan gigi berlubang. Bahkan, plak yang tersisa Sisa plak yang tersisa dapat menyebabkan infeksi mulut kronis, yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung.(Hdi)

BERITA TERKAIT