Kesehatan

Jumat, 10 Januari 2020 10:28 WIB

Ini Alasan Medis Main Ponsel di Mobil Timbulkan Rasa Pusing

Editor: Ferro Maulana

Rasa pusing dan mual sering timbul akibat main ponsel atau membaca saat di dalam mobil (Foto: Dok Net/Ilustrasi)

PMJ - Rasa pusing tiba-tiba muncul saat kita tengah membaca atau bermain ponsel di dalam mobil yang berjalan. Secara umum, beberapa pengalaman mual dalam kendaraan disebut motion sickness atau mabuk kendaraan.

Kondisi ini tentu sangat menggangu ya. Tapi tau kah kamu, kenapa hal tersebut terjadi? Seperti dilansir laman Medical News Today, Jumat (10/1/2019),  rasa pusing dan mual akibat main gadget di dalam mobil dikenal dengan istilah digital motion sickness.

Digital motion sickness atau disebut sebagai mabuk kendaraan karena visual, terjadi akibat melihat gerakan mobil dengan jalan berkelok seperti di video game yang sebenarnya tidak terjadi. Akibatnya, tubuh mengalami cedera sensorik sehingga munculah mual.

Direktur Medis dari Massachusetts Eye and Ear Balance, Steven Rauch menyebut saat bermain ponsel di dalam mobil, keseimbangan kami terpengaruh indra yang menerima banyak input. Suara mesin, laju kendaraan yang terasa, dan mata yang tertuju pada gadget.

"Ketika input sensorik yang banyak itu tidak cocok, itulah yang menyebabkan rasa pusing dan mual," tuut Rauch.

Berikut bagaimana cara mengatasi mual akibat main HP atau gadget di dalam mobil. Cukup sederhana, tapi patut kamu coba.

1. Memejamkan mata

Pejamkan mata Anda dan kalau memungkinkan, tidur sebentar untuk meredakan ketidakcocokan antara mata dan bagian dalam telinga. Pasalnya, mengistirahatkan mata adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi rasa pusing dan mual tersebut.

2. Mengunyah atau ngemil

Jika kamu tidak ingin atau tidak dapat memejamkan mata, cara lain yang lebih asik sepertinya menguyah atau ngemil. Ini adalah salah satu metode paling sederhana dan bisa membantu meredakan ketidakcocokan antara keseimbangan tubuh dan gambar yang dilihat.

3. Melihat sekeliling

Sekiranya kamu sudah merasa mual, palingkan pandangan dari gadget dan mulai melihat pemandangan yang ada di balik jendela. Cara ini ampuh untuk mengurangi rasa mual dan membuat otak lebih segar melihat gerakan secara visual.

4. Menghirup udara segar

Berhentilah sejenak saat bermain gadget, lalu tarik napas panjang untuk menghirup udara segara. Hindari aroma yang bisa memicu rasa mual dan muntah.

5. Penting, berhenti bermain gadget

Tidak ada salahnya untuk menyimpan gadget kamu sejenak dan menghentikan kegiatan main HP di mobil. Ini tentu jauh lebih baik daripada merasakan mual sepanjang jalan karena terlalu sibuk dengan gadget.(Hdi)

BERITA TERKAIT