test

News

Jumat, 8 Juli 2022 16:04 WIB

Liburan Idul Adha, KAI Catat Jumlah Penumpang Kereta Api Naik 84 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Penumpang kereta api jarak jauh. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah dan libur sekolah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat adanya peningkatan penumpang kereta di area Daop 1 Jakarta, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen.

"Memasuki masa liburan, volume penumpang pada momen liburan dan Iduladha meningkat hampir dua kali lipat," ungkap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (8/7/2022).

Berdasarkan data pada Kamis (7/7/2022), kata Eva, dari Stasiun Gambir terdapat 32 keberangkatan KA dengan jumlah penumpang 12.535 atau okupansi 84 persen dari ketersediaan tempat duduk.

Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen terdapat 24 KA, dengan jumlah penumpang 14.470 atau okupansi 82 persen dari ketersediaan tempat duduk. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan dua kali lipat dibandingkan sebelum memasuki masa liburan sekolah dan Iduladha.

Terpisah, Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pihaknya mencatat 213.329 tiket jarak jauh terjual untuk periode libur Adha hingga 8 Juli 2022. Tiket terjual untuk keberangkatan periode 8-10 Juli.

"KAI menambah jumlah perjalanan kereta api pada periode tersebut dengan tujuan dapat mengantarkan masyarakat lebih banyak lagi untuk pulang ke kampung halaman atau tujuan lainnya," jelas Joni dalam keterangannya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pelanggan KAI telah menyiapkan rata-rata 229 perjalanan kereta jarak jauh selama Idul Adha. Jumlah ini naik 3 persen ketimbang pekan lalu dengan rata-rata jumlah perjalanan 223 per hari.

Perseroan memprediksi bakal ada peningkatan volume pelanggan karena libur Idul Adha bersamaan dengan masa libur sekolah. Adapun dari seluruh tiket yang terjual, rute favorit penumpang adalah Yogyakarta, Solo, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

BERITA TERKAIT