Kesehatan

Selasa, 14 Januari 2020 10:03 WIB

7 Tips Jaga Berat Badan Saat Memasuki Usia 40 Tahun

Editor: Ferro Maulana

Lima kebiasaan buruk saat akhir pekan bisa menaikan berat bandan.(Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Seiring dengan pertambahan usia, perubahan tubuh wanita akan semakin terlihat. Memasuki usia 40 tahun akan membuat perempuan sulit menurunkan berat badan. Hal itu disebabkan kinerja tubuh, seperti proses metabolisme mulai menurun.

Seperti dilansir laman Prevention, Selasa (14/1/2020), perempuan di masa perimenopause ataupun menopause akan mengalami penurunan level estrogen. Di usia ini, hormon estrogen jadi sensitif dan mengakibatkan tubuh sulit mengontrol kadar gula dalam darah.

Seorang ahli bedah bariatrik, Caroline Cederquist MD menyebut ketika kadar gula darah naik dan turun, keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan tak sehat akan meningkat. Tapi masih ada solusi untuk menurunkan berat badan di usia 40-an, simak penjelasannya.

1. Tetapkan alasan ingin menurunkan berat badan

Tanpa motivasi yang kuat, semua akan terasa berat. Kamu harus memiliki kesadaran mental yang membuat kita siap untuk berubah. "Jika Anda tidak terlibat secara mental, itu tidak akan berhasil," ujar Pamela Peeke MD, penulis The Hunger Fix.

3. Kurangi porsi makan

Mengonsumsi lebih banyak protein tanpa mengurangi porsinya, tak akan membantu membuat berat badan turun. Pakar nutrisi Frances Largeman-Roth menyarankan agar wanita yang mengonsumsi 2.000 kalori per hari harus mengurangi menjadi 1.500–1.600 per hari.

4. Coba lakukan puasa intermiten

Ini membatasi makan hanya 8 jam dan puasa selama 16 jam. Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten tidak hanya bermanfaat bagi penurunan berat badan, tetapi juga dapat membantu Anda mengendalikan pradiabetes dan diabetes.

5. Jauhkan camilan dan alkohol

Sebaiknya kamu mengonsumsi camilan hanya ketika tidak lagi bisa dihindarkan. Intinya, tetap jadikan camilan dalam urutan terakhir daftar makanan. Selain itu, alkohol juga dianggap sebagai minuman yang dapat mengganggu penurunan berat badan.

7. Berolahraga

Mengubah pola makan tapi tak berolahraga adalah cara sia-sia untuk menurunkan berat badan pada usia 40. Setidaknya, lakukanlah olahraga sebanyak empat kali dalam sepekan.

BERITA TERKAIT

  • Kesehatan, 3 Desember 2020

    3 Kebiasaan Ini Bikin Susah Turunkan Berat Badan

  • STORIES