test

Kesehatan

Jumat, 24 Januari 2020 07:01 WIB

Stres Mampu Timbulkan Rambut Beruban, Benarkah?

Editor: Ferro Maulana

Stres timbulkan rambut beruban. (Foto: Ilustrasi/ Dok Net)

PMJ - Para Ilmuwan dari Universitas Harvard mengungkapkan bahwa, seseorang yang mengalami stres, mampu menimbulkan rambut beruban (rambut putih atau abu-abu).

Seorang ilmuwan Profesor Senior Ya Chieh Hsu, telah melakukan eksperimen terhadap tikus yang mana stres dapat mengubah rambut seseorang menjadi beruban.

Sementara itu, teori sebelumnya menyatakan bahwa rambut beruban didorong oleh reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh atau lonjakan hormon yang terkait dengan stres.

“Setiap orang selalu bercerita tentang bagaimana stres mempengaruhi tubuh mereka, terutama di kulit dan rambut mereka. Satu-satunya jaringan  yang dapat kita lihat dari luar,” ungkap Profesor Senior Ya Chieh Hsu.

Kajian ini merupakan awal dari penelitian dan bagaimana stres mempengaruhi banyak bagian lain dari dalam tubuh kita. Dan, temuan ini memberi cahaya baru terhadap efek stres yang lebih luas pada berbagai organ dan jaringan.

“ Memahami bagaimana jaringan kita berubah di bawah tekanan adalah langkah penting pertama menuju pengobatan,  yang dapat menghentikan atau mengembalikan dampak buruk dari stres. Kita masih harus banyak belajar di bidang ini,” pungkas Prof Hsu. (IZA/ FER).

BERITA TERKAIT