test

Kesehatan

Kamis, 30 Januari 2020 09:02 WIB

Stts, Ada Program Diet yang Bisa Tetap Makan Enak Lho

Editor: Ferro Maulana

Lima kebiasaan buruk saat akhir pekan bisa menaikan berat bandan.(Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Siapa sih yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Namun berdasarkan sebuah penelitan, baru dua minggu melewati  tahun 2020 banyak orang sudah mengabaikan rencana-rencana yang akan dicapainya. Salah satunya soal resolusi diet.

Tapi sebernarnya kita tidak perlu melupakan tujuan diet, masih ada cara agar kamu tetap dapat mempertahankan berat badan ideal. Bahkan hasilnya mungkin bisa bertahan selamanya.

Seperti dilansir laman The Sun, Kamis (30/1/2020), seorang ahli diet Terri Ann Nunns mengklaim telah menemukan cara seru untuk menjalankan program diet dan mencapai berat badan ideal.

Dinamakan Treat diet, cara ini dinilai bisa menjadi alternatif penurunan berat badan yang berkelanjutan. Bahkan dengan treat diet, orang bisa tetap makanan enak setiap harinya. Jenis makanan manis pun tak dilarang, namun porsinya dibatasi.

"Ini mungkin terlihat kontraproduktif, tetapi makan enak benar-benar adalah cara untuk menurunkan berat badan dan yang lebih penting, tetap melakukannya,” ujar Nunns.

Menurut Nunns, dengan mengurangi dan membatasi makanan serta melakukan perubahan gaya hidup dengan ekstra mungkin membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, hal ini pada akhirnya bisa membuat kamu terlalu lama menahan keinginan untuk melakukan segala hal yang menjadi pantangan, hingga saat sudah lelah menahan nafsu akan sulit untuk mengendalikan diri.

"Membiarkan diri Anda mendapatkan suguhan kecil sehari-hari membantu untuk tetap mengendalikan rasa mengidam dan membuat diet bertahan berkelanjutan dalam jangka panjang," tuturnya.

Nunns menyebut hampir tak ada orang yang ingin menghentikan keinginan mengkonsumsi makanan favoritnya sehari-hari, namun dengan cara yang tidak merusak kesehatan secara keseluruhan. Karena itu, treat diet menjadi cara untuk tetap memakannya.

Berikut tip yang dibagikan Nunns untuk melakukan treat diet:

1. Konsumsi makanan di bawah 150 kalori

Memanjakan diri bukan berarti Anda harus mengonsumsi es krim hingga satu cup besar setiap harinya. Dengan treat diet, Anda tetap boleh memakan es krim favorit dalam jumlah sedikit sebatas untuk memuaskan keinginan.

Sering kali, makan dalam jumlah kecil sudah cukup untuk memuaskan hasrat atau keinginan, tanpa perlu mengasup banyak kalori. Untuk hasil terbaik, siapkan makanan kegemaran dengan kandungan di bawah 150 kalori per hari saat melakukan treat diet.

Satu porsi Cadbury chocolate mousse, 20 gram dark chocolate, dua keping biskuit jahe, 20 gram popcorn manis, serta satu shortcake cukup untuk memanjakan lidah tanpa membahayakan diet. Itu semua nilai kalorinya di bawah 50.

2. Rencanakan jenis makanan

Selalu konsisten untuk melakukan sesuatu hal mungkin cukup sulit. Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan perencanaan terlebih dahulu seluruh jenis makanan yang hendak dikonsumsi sesuai keinginan, termasuk makanan ringan dan camilan.

Mengetahui apa yang akan dimakan setiap harinya akan mengurangi kemungkinan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, sehingga membahayakan diet. Menambahkan daftar camilan juga membantu untuk menjaga konsistensi treat diet.

3. Hindari hari curang

Beberapa metode diet menerapkan cheat days, hari di mana Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi seluruh jenis makanan yang disukai, bahkan dengan jumlah sepuasnya. Hal ini justru bisa merusak diet yang sudah dijalankan berhari-hari sebelumnya.

4. Nikmati pengalaman Banyak orang cenderung lepas kendali hingga mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih dan tidak sehat dalam berbagai kesempatan. Namun, satu yang tetap penting adalah meluangkan waktu untuk menikmati pengalaman saat menjalani treat diet.(Hdi)

BERITA TERKAIT