test

News

Senin, 27 Juni 2022 14:43 WIB

Negara Sri Lanka Bangkrut, Dubes RI: WNI Akan Dievakuasi

Editor: Ferro Maulana

Negara Sri Lanka bangkrut. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Duta Besar (Dubes) RI untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing mengungkapkan, warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Sri Lanka bakal dievakuasi bukan pilihan, walaupun kondisi terkini dirasakan sulit.

Menurutnya, WNI di Sri Lanka menyetuhui evakuasi bukan pilihan utama. Walaupun krisis ekonomi di negara Asia Selatan tersebut menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan.

Kesulitan itu antara lain, kelangkaan BBM, gas, pemadaman listrik dan mahalnya barang-barang kebutuhan pokok,

Dubes Dewi menerangkan tujuan melaksanakan dialog untuk menyerap aspirasi masyarakat Indonesia dalam menyikapi krisis ekonomi yang terjadi di Sri Lanka.

"Kami ingin mengetahui dampak langsung yang dirasakan WNI setelah adanya pengumuman kebangkrutan ekonomi Sri Lanka," tuturnya.

Dubes Dewi memprediksi masa-masa sulit akibat bangkrutnya ekonomi Sri Lanka bakal berlangsung empat hingga lima bulan mendatang sampai cairnya bantuan dari dana moneter internasional (IMF).

Berkenaan hal itu, dia meminta WNI menyiapkan cadangan pangan di rumah meskipun di kota-kota tertentu sudah terdapat pembatasan pembelian beras sebanyak 5 kilogram per orang.

"KBRI telah menyiapkan sembako bagi WNI yang sangat membutuhkan," tandasnya.

BERITA TERKAIT