test

Kesehatan

Rabu, 12 Februari 2020 10:00 WIB

5 Makanan Sehat Ini Cegah Gangguan Pengelihatan

Editor: Ferro Maulana

Makanan yang bagus dikonsumsi untuk penderita mata minus. (Foto: Ilustrasi/ PMJ News/ FIF).

PMJ - Masalah kesehatan yang umum terjadi seiring dengan proses penuaan adalah gangguan penglihatan (glaukoma). Gangguan ini tentu akan menyebabkan penderitanya sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Seperti dilansir laman Boldsky, Rabu (12/2/2020), ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah glaukoma. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin A, vitamin C, beta-karoten dan antioksidan.

Jenis makanan ini secara alami membantu meningkatkan aliran darah ke mata tanpa menimbulkan efek samping. Berikut daftar makanan sehat yang dapat mencegah glaukoma.

1. Bayam

Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid alami yang bertindak sebagai antioksidan. Kehadiran dua karotenoid ini dalam bayam membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan mata, serta melindungi makula dari kerusakan.

2. Seledri

Sayuran ini kaya akan nitrat makanan, vitamin A dan vitamin C. Sebuah penelitian mengatakan, konsumsi nitrat tinggi makanan membantu mengurangi risiko glaukoma, juga mengurangi tekanan intraokular mata yang meningkat.

3. Kecambah

Kecambah dikemas dengan antioksidan seperti lutein, beta-karoten dan zeaxanthin bersama dengan vitamin A dan C. Antioksidan ini membantu untuk membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan saraf optik, sehingga mencegah glaukoma.

4. Teh hijau

Katekin dan flavanol adalah dua flavonoid makanan yang ditemukan dalam teh hijau. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan kuat yang mengurangi pembentukan amiloid fibril, senyawa yang terutama terkait dengan penyebab glaukoma.

5. Anggur merah

Resveratrol adalah polifenol aktif yang ditemukan dalam anggur merah, yang memiliki sifat penambah pembuluh darah. Makanan ini membantu dalam mikrosirkulasi mata dan mencegah penyakit mata, seperti degeneratif makula, glaukoma dan retinopati diabetes.(Hdi)

BERITA TERKAIT