test

Kesehatan

Minggu, 16 Februari 2020 10:05 WIB

Awas, Sebaiknya Hindari Konsumsi Ini Seusai Olahraga

Editor: Ferro Maulana

Olahraga juga bisa berdampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan agar lebih sehat dan bugar. Bahkan aktivitas ini juga dapat membuat kamu semakin bahagia, karena mengurangi emosi buruk.

Namun dengan alasan menghilangkan kelelahan dan dehidrasi, banyak diantara mereka yang justru mengabaikan kesehatan usai melakukan olahraga, termasuk asupan yang dikonsumsi.

Seperti dirangkum redaksi dari berbagai sumber, Minggu (16/2/2020), berikut asupan yang mesti kamu hindari setelah berolahraga.

1. Coklat

Cokelat bukalah pilihan yang bijak setelah olahraga. Apalagi Anda sedang menurunkan berat badan, cokelat sebaiknya tidak dimakan setelah berolahraga. Penyerapan protein akan lebih lambat karena kandungan lemak yang ada dalam cokelat.

2. Cemilan manis

Makanan ringan manis, seperti kue kering, memiliki karbohidrat, lemak, dan gula yang tidak sehat. Ini tak baik untuk tubuh yang usai olahraga.

3. Makanan berlemak

Makanan berlemak sulit dicerna. Sedangkan tubuh perlu energi baru setelah terkuras berolahraga. Jadi hindarilah makanan yang kaya akan kandungan lemak setelah latihan.

4. Minuman energi

Minuman energi memiliki kadar gula yang tinggi. Gula memang membuat tubuhmu lebih segar namun efeknya sangat singkat. Sebagai pengganti minuman energi, sebaiknya kamu minum air kelapa asli untuk mengembalikan energi dan air yang terbuang.

5. Kafein

Kafein mungin dapat memberi dorongan energi yang baik sebelum olahraga, namun tidak baik setelah olahraga. Kafein dapat menyebabkan dehidrasi. Masalah lain dengan kafein setelah berolahraga adalah meningkatkan kadar kortisol tubuh.(Hdi)

BERITA TERKAIT