test

Kesehatan

Selasa, 18 Februari 2020 15:09 WIB

Indonesia Tengah Alami Kasus Luar Biasa Demam Berdarah

Editor: Ferro Maulana

Penyakit demam berdarah. (Foto: Dok Net)

PMJ – Warga dunia sangat khawatir dengan kehadiran penyakit baru virus corona jenis baru atau COVID-19. Penyakit yang berasal dari virus corona baru (2019-nCoV) tersebut sampai sekarang tidak ada obatnya dan telah menewaskan1.873 jiwa secara global.

Kasus COVID-19 pun hingga saat ini mencapai sebanyak 73.433, dengan jumlah pasien sembuh yaitu 12.677 orang. Menjadi perhatian khusus yaitu tidak ada satu kasus pun di Indonesia. Ini yang harusnya dijadikan poin utama melihat kasus ini.

Sementara, di beberapa wilayah Indonesia sejatinya tengah mengalami kasus luar biasa (KLB) demam berdarah (DBD). Menurut data Kementerian Kesehatan, dari Januari hingga 16 Februari, telah ada 7.079 kasus yang ditangani.

Bahkan, dalam kasus Demam Berdarah ini, terdapat korban jiwa sebanyak 52 orang, dengan jumlah kematian terbanyak di Kabupaten Sikka, Nusa Tengga Timur (NTT), sebanyak 6 orang.

Selain Sikka, wilayah lain yang mengalami peningkatan cukup drastis kasus Demam Berdarah seperti, Lampung Tengah, Ciamis, Kabupateng Temanggung, dan Kabupaten Belitung.

"Kabupaten Sikka itu paling parah, hanya ada 2 wilayah yang belum menyatakan adanya kasus demam berdarah. Sehingga, bupati pun telah mengeluarkan pernyataan KLB Demam Berdarah di Sikka," tutur Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (17/2/2020). (FER).

BERITA TERKAIT