test

Kesehatan

Kamis, 20 Februari 2020 09:04 WIB

5 Nutrisi Ini Bisa Cegah Virus Corona Lho..

Editor: Ferro Maulana

Jumlah pasien Covid-19 sembuh meningkat signifikan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif).

PMJ - Merebaknya virus corona terus menghantui manusia di muka bumi. Seolah virus yang secara resmi disebut sebagai COVID-19 menjadi momok yang menakutkan karena telah menelan ribuan korban jiwa.

Menurut WHO cara penyebaran yang sama pada virus lainnya. Mulai dari melalui batuk, bersin maupun berjabat tangan. Jika terpapar virus tersebut, seseorang akan mengalami pneumonia (kesulitan bernafas) hingga kematian.

Tapi jangan khawatir, masih ada cara untuk mencegah terpapar virus corona. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/2/2020), berikut beberapa rekomendasi sumber nutrisi untuk mencegah virus corona.

1. Vitamin A

Rachel menyarankan untuk menjaga asupan vitamin A harian, karena vitamin ini terlibat pada produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu mengeliminasi patogen (virus) dan mencegah adanya penyakit infeksi. Zat ini bisa didapatkan dari wortel, ubi dan pepaya.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks yang diperlukan oleh lebih dari 100 enzim dalam tubuh. Saat fungsi enzim ini dapat optimal, maka dia akan membantu kerja sel imun dengan lebih baik.

Makanan yang kaya dengan vitamin B antara lain sayuran hijau (seperti daun singkong, bayam, kangkung) dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Vitamin lain yang direkomendasikan oleh Rachel adalah vitamin C. Vitamin ini merupakan antioksidan yang bagus untuk produksi sel-T (sel imun tubuh). Zat terkenal ini paling tinggi terkandung dalam jambu biji.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan ragam zat penting lain yang dapat memberikan tambahan lapisan perlindungan pada sel imun dalam tubuh, sehingga pertahanan terhadap patogen bisa lebih maksimal.

Vitamin ini bisa didapatkan dari matahari maupun makanan seperti jamur kancing, ikan tuna dan ikan salmon.

5. Vitamin E

Banyak yang tidak tahu bahwa vitamin E memiliki fungsi signifikan untuk membentuk antibodi. Vitamin ini dapat mempengaruhi pembentukan 'natural killer cell' yang nantinya bisa membunuh virus. Makanan yang tinggi dengan vitamin ini adalah kacang almond dan alpukat.(Hdi)

BERITA TERKAIT