test

Kesehatan

Rabu, 11 Maret 2020 09:04 WIB

Rutin Bersihkan Ponsel Bisa Cegah Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Ponsel bisa menjadi media penularan cirus corona, maka dianjurkan untuk membersihkan secara rutin (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif)

PMJ - Penyebaran virus corona atau COVID-19 terus meluas ke sejumlah negara. Untuk mencegah penularannya, masyarakat diminta agar menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh.

Selain menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan) dan menggunakan masker, kamu juga perlu mendisinfeksi ganget pribadimu seperti ponsel, tablet dan laptop. Jika tidak dibersihkan tentu akan meningkatkan risiko terinfeksi virus.

Seperti dilansir laman Boldsky, Rabu (11/3/2020), The Journal of Hospital Infection menyebut virus corona bisa hidup di permukaan seperti kaca, plastik atau logam.

Ini berarti bahwa tak peduli seberapa banyak kamu mencuci tangan jika ponselmu tidak bersih, kamu berpotensi mengekspos dirimu sendiri pada kuman-kuman tersebut. Berikut cara mendisinfeksi gadget yang benar.

Jika smartphonemu tahan air, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan untuk membersihkan ponsel kesayanganmu. Kamu juga bisa gunakan tisu dan banyak pembersih tangan untuk membersihkan laptopmu.

Jika ponselmu tidak tahan air, usap layar dengan kain serat mikro yang lembut dan sedikit basah. Kamu juga bisa menggunakan kain serat mikro yang lembut dan agak basah untuk membersihkan layar laptop dan tabletmu.

Jika gadgetmu memiliki casing atau penutup, bersihkan juga dengan kain yang lembab.(Hdi)

BERITA TERKAIT