test

News

Senin, 23 Mei 2022 18:23 WIB

Jokowi: Dalam Dua Pekan Harga Minyak Goreng Curah Rp14 Ribu

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan harga minyak goreng curah di pasaran akan kembali ke batas harga eceran tertinggi (HET) dalam dua pekan ke depan, yakni sebesar Rp14.000 per liter.

Keyakinan tersebut disampaikan setelah mengecek secara langsung harga minyak goreng curah di pasar tradisional pasca-larangan ekspor CPO atau crude palm oil dicabut.

"Tapi ini kuncinya sudah ketemu, ini dalam seminggu, dua minggu, Insya Allah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp14 ribu (per liter)," ungkap Jokowi seperti dikutip dari laman resmi Setkab pada Senin (23/5/2022).

Jokowi menegaskan, sejumlah kebijakan telah diputuskan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasaran. Namun, dia mengakui persoalan minyak goreng bukan hal mudah. Sejak Januari 2022, kenaikan harga minyak goreng karena adanya kenaikan harga internasional.

"Karena harga minyak goreng terutama di Eropa, di Amerika naiknya tinggi, harga di dalam negeri ketarik (naik harganya)," ujarnya.

Produsen minyak goreng di dalam negeri lebih memilih mengekspor minyak goreng dibandingkan memasok di dalam negeri sehingga terjadi kenaikan harga minyak di dalam negeri karena kelangkaan stok.

Dia kembali menegaskan bahwa saat ini dunia, termasuk Indonesia, dihadapkan pada kemungkinan kenaikan harga pangan dan energi yang signifikan.

"Tidak mudah, terutama dua hal di seluruh negara yang sekarang ini naik semuanya. Yang pertama, energi, energi ini berarti BBM, gas, listrik semuanya naik, semua negara. Yang kedua pangan, naik semuanya," tuturnya.

BERITA TERKAIT