test

Olahraga

Selasa, 17 Mei 2022 22:01 WIB

Hadapi Thailand, Misi Balas Dendam Garuda Muda di Semifinal SEA Games

Editor: Ferro Maulana

Timnas Indonesia U-23. (Foto: Instagram PSSI)

PMJ NEWS -  Timnas Indonesia U-23 dipastikan melawan Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021, lusa Kamis (19/5/2022). Duel sengit tersebut boleh dikatakan misi balas dendam bagi anak asuh Shin Tae-Yong.

Sebagai informasi, Indonesia mengunci posisi kedua Grup A SEA Games 2021 dengan hanya terpaut satu angka dari Vietnam. Hasil tersebut dipastikan setelah mampu menaklukkan Myanmar dengan skor 3-1 di pertandingan terakhir fase grup.

Sedangkan, Thailand keluar sebagai juara Grup B dengan koleksi 9 poin. Diikuti Malaysia yang mengikuti langkah Thailand ke semifinal usai finish di posisi kedua klasemen.

Sekarang, kedua pasukan Indonesia dengan Thailand kembali berhadapan. Di tangan dua sosok pelatih yang sama seperti Piala AFF tahun lalu, Indonesia dan Thailand akan saling bertarung demi tiket final SEA Games.

Kembali menantang Thailand di semifinal SEA Games tahun ini, tentunya ingatan masyarakat langsung tertuju ke pertemuan terakhir kedua kubu.

Yang mana saat itu, timnas Indonesia senior takluk dari Thailand di final Piala AFF tahun lalu.

Kekalahan tersebut juga bisa dibilang cukup menyakitkan untuk Skuad Garuda. Bertanding dua leg, Indonesia takluk 0-4 di leg pertama dan hanya mampu imbang 2-2 di leg kedua.

Khusus Shin Tae-Yong, sebelumnya ia telah berjanji akan menurunkan skuad terbaiknya di laga nanti siapapun lawannya, baik itu Malaysia, Thailand, maupun Kamboja.

“Kalau saya melihat Grup B memang Malaysia atau Thailand yang akan lolos (semifinal). Kami akan mempersiapkan tim kami sebaik mungkin untuk lawan siapapun,” ungkap Shin Tae-Yong.

Sementara pelatih Thailand, Alexandre Polking mengaku tidak takut dengan Garuda Muda. Bahkan, Polking cukup percaya diri bisa melangkah ke laga pamungkas dengan mengalahkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

“Kami hanya perlu fokus memperkuat pertahanan agar tidak memberi lawan kesempatan yang sama. Seperti pada laga melawan Kamboja U-23,” terang Polking melansir media Thailand, Bongda.

“Jika kami bisa memperkuat kelemahan ini dengan semangat yang ada dan kami tetap bermain dengan baik, kami tidak akan takut bertemu Vietnam U-23 atau Indonesia U-23,”ujarnya dengan percaya diri.

“Kami bisa menyelesaikan tugas dengan baik untuk langsung ke final,”tambahnya.

Untuk diketahui, kedua tim telah saling berhadapan sebanyak 21 kali di SEA Games sejak 1977. Thailand unggul jauh dengan rekor 15 kali menang.

Sementara, Indonesia hanya mampu 4 kali menaklukkan Thailand, di mana 2 laga berakhir imbang.

 

BERITA TERKAIT