test

Kesehatan

Sabtu, 14 Maret 2020 13:24 WIB

Enam Polsek di Jakut Serentak Lakukan Kegiatan Kebersihan Cegah Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Kegiatan kebersihan di Polsek Pademangan. (Foto: PMJ News)

PMJ - Enam Polsek di bawah arahan Polres Jakarta Utara menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan dan kebersihan dengan tujuan mencegah sekaligus mengantisipasi masyarakat agar terhindar dari virus corona (Covid-19).

Adapun, kegiatan kebersihan pertama dilakukan oleh anggota Polsek Pademangan. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Pademangan AKP Mohammad Fajar, SIK, pada Sabtu (14/03/2020), di halaman Polsek Pademangan, Jakarta Utara.

“Merebaknya wabah Virus Corona, maka diperintahkan seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek untuk melaksanakan kerja bakti di lingkungan Mako Masing masing maupun Asrama Polri,” demikian kata Kassubag Humas Polres Jakarta Utara, Kompol Sungkono kepada PMJ News, di Jakarta.

Kegiatan kebersihan di Polsek Koja. (Foto: PMJ News)

“Untuk anggota SPKT agar setiap tamu diarahkan kalau mau atau keluar diarahkan untuk cuci tangan yang sudah disediakan. Terkait merebaknya wabah Virus Corona, agar anggota dan keluarga jaga kesehatan dan utamakan keselamatan dalam tugas,” jelasnya menambahkan.

Kegiatan kebersihan pencegahan covid-19 dilanjutkan di halaman Mapolsek Cilincing Jl. Sungai Landak No. 7 Cilincing Jakarta. Giat bersih-bersih ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Cilincing Kompol Imam Tulus Budiono SH, yang melibatkan 49 personel.

“Kita akan membersihkan kantor dan lingkungan sekitarnya yaitu Kantor Polsek Cilincing, Kantor Koramil Cilincing dan Kantor Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Sasaran yang dibersihkan adalah tempat atau barang yang sering disentuh atau dipegang,” ujar Sungkono.

Berikutnya kegiatan dilanjutkan ke Mapolsek Tanjung Priok. Giat pencegahan virus corona ini dipimpin oleh Kapolsek Tanjung Priok Kompol Budi Cahyono SH MH, dengan menerjunkan 23 anggota.

“Sasaran untuk pelaksanaan kegiatan bersih-bersih yaitu kebersihan halaman maupun di dalam kantor dilanjutkan dengan bersih-bersih di samping kantor yaitu di Asrama Polri Gorontalo,” sambungnya.

Di tempat terpisah, juga dilangsungkan kerja bakti dan giat kebersihan di Halaman Polsek Koja, Jalan Bhayangkara No.1 Kel.Tugu Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara. Kegiatan yang mengikutsertakan 30 personel ini dipimpin oleh Kapolsek Koja Kompol Sri Suhartatik.

Sementara itu, untuk Polsek Kelapa Gading, giat kebersihan dilakukan di ruang layanan publik antara lain Kantor Kecamatan Kelapa Gading, Kantor Koramil Kelapa Gading, lingkungan Masjid Al Musyawarah dan lingkungan Gereja Mawar Saron.

Kegiatan kerja bakti diawali dengan menyapu halaman, membuang sampah pada tempatnya serta mengepel dgn cairan disinfektan.

Disiplin Kebersihan

Kegiatan kebersihan di Polsek Penjaringan. (Foto: PMJ News)

Kapolsek Metro Penjaringan AKBP Ach. Imam Rifai SH SIK MPICT MISS didampingi Waka Polsek Kompol I Ketut Manika SH juga melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan Polsek Penjaringan di hari yang sama.

Adapun kegiatan kebersihan merupakan sebagian dari iman, dimana lingkungan yang bersih adalah idaman setiap manusia juga penunjang kita dalam melaksanakan aktivitas.

Kapolsek menyampaikan, bila kantor dan di lingkungan Polsek Metro Penjaringan kita bersih, asri dan rapih maka dalam bekerja kita akan merasa nyaman dan senang.

Selain itu kegiatan dilakukan guna menanamkan disiplin kebersihan terhadap lingkungan sekitar dan ruangan kerjanya masing-masing, guna terciptanya lingkungan kerja yang nyaman serta terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan lingkungan kotor.

Kegiatan ini, bertujuan untuk menjaga kebersihan Mako sehingga bersih dan kelihatan indah, memiliki lahan terbatas akan tetapi pohon perindang sangat penting terutama pada musim panas agar suasana Kantor akan lebih nyaman dan sejuk serta penanaman pohon dalam rangka Polri Peduli Penghijauan.

Terakhir, dilakukan penyemprotan disinfektan (pembersih anti Virus Corona) di semua ruang maupun lingkungan kantor oleh Team Penyemprotan dari Palang Merah Indonesia Cabang Jakut yang bekerja sama dengan Polres Metro Jakut. (FER).

BERITA TERKAIT