test

Kesehatan

Sabtu, 14 Maret 2020 16:40 WIB

Kepala BNPB: Gugus Tugas Penanganan Corona Siap Lindungi Masyarakat dari Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Dok Net)

PMJ - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ditugaskan sebagai Ketua Tim Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19). Doni mengatakan virus corona sebagai bencana non-alam.


"Virus ini (Corona) sudah dikategorikan sebagai pandemi global, maka statusnya bencana non-alam," tutur Doni di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (14/03/2020).

Masih dari keterangan Doni, tugas tim yang dipimpinnya yakni menerapkan manajemen penaggulangan bencana dalam penanganan Covid-19. Gugus tugas itu juga akan mengerahkan sumber daya terpadu dalam penanganan virus tersebut.

"Percepatan yang dilakukan antara lain dengan menerapkan manajemen penanggulangan bencana. Sehingga berikan akses lebih luas dan juga dalam pengerahan sumber daya secara terencana dan terpadu sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 50 UU Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana," paparnya.

Doni mengatakan pihaknya siap fokus untuk melindungi masyarakat agar tidak tertular virus Corona. Di samping itu, tim juga akan melakukan koordinasi dengan melibatkan semua sumber daya nasional.

"Berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi warga kita yang masih sehat agar tidak tertular penyakit. Dan juga berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyembuhkan telah sakit," tuturnya.

"Dengan melakukan hal itu, maka perlu dilakukan percepatan penanganan COVID-19 secara masif dengan melibatkan seluruh sumber daya nasional melalui kolaborasi, baik pemerintah, pemerintah daerah, akademisi, peneliti khususnya di bidang virus, dunia usaha, komunitas, termasuk juga para pakar," jelasnya menutup pembicaraan.

BERITA TERKAIT