test

News

Kamis, 12 Mei 2022 12:58 WIB

Massa Buruh Padati Kawasan Patung Kuda, Sejumlah Jalan Akan Ditutup

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Aksi massa di kawasan Patung Kuda. (Foto: PMJ/Yeni).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya akan menutup kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dalam rangka pengamanan aksi demonstrasi massa dari elemen buruh dan mahasiswa yang akan berlangsung di kawasan Patung Kuda, Kamis (12/5/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah aparat kepolisian telah berjaga. Begitu juga dengan kawat berduri yang telah terpasang di bawah jembatan penyebrangan orang (JPO) di Jalan Medan Merdeka Barat.

Ratusan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) juga terbagi di dua titik, pertama di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan pintu masuk Monas seberang Wisma Antara.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan sampai dengan siang ini baru Jalan Medan Merdeka Barat saja yang telah ditutup sebagai lokasi unjuk rasa.

Penutupan jalan akan diperluas hingga seluruh kawasan Patung Kuda jika massa aksi unjuk rasa mencapai lebih dari 2 ribu orang.

"Jadi hanya kami atur saja di Bundaran Patung Kuda, tapi kalau massanya cukup banyak dan menutup Bundaran Patung Kuda maka pengalihan akan kita laksanakan," ujar Sambodo kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Pengalihan arus nantinya akan dimulai dari Kebon Sirih, Budi Kemuliaan, sampai Jalan Medan Merdeka Selatan dan Kedubes Amerika Serikat.

Begitu juga dengan arus lalu lintas dari Bundaran Patung Kuda menuju arah Harmoni dan sebaliknya akan ditutup jika massa aksi unjuk rasa terus membludak.

"Termasuk juga yang dari Gambir menuju ke arah Istana juga akan ditutup," pungkas Sambodo.

BERITA TERKAIT