test

News

Minggu, 8 Mei 2022 18:32 WIB

Polda Metro Imbau Warga Menuju Bandung Tak Paksakan Diri Lewat Tol Japek

Editor: Hadi Ismanto

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat yang hendak menuju Bandung menggunakan rute alternatif. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat tidak memaksakan diri untuk melewati Tol Jakarta-Cikampek (Japek) saat aturan contraflow arah Jakarta diberlakukan. Hal ini untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan sebagai gantinya polisi menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi masyarakat yang hendak meninggalkan Jakarta.

"Kalau misal dia menuju ke Bandung sudah kami sosialisasikan ke masyarakat jangan memaksakan diri lewat Japek. Karena tiba-tiba kami harus melakukan cara penindakan rekayasa contraflow," ungkap Sambodo di Pospam KM 3+500, Minggu (8/5/2022).

Sambodo menyebut masyarakat yang hendak keluar Jakarta dapat menggunakan jalur alternatif kawasan Puncak, Bogor. Selain itu, jalur alternatif yang dapat digunakan lainnya yakni jalur arah Sukabumi.

"Kalau nggak mau lewat Puncak, bisa lewat Sukabumi nanti Cianjur atau lewat ke Jonggol, Cibubur-Cileungsi-Jonggol itu juga bisa tembus ke Bandung," terangnya.

Menurut Sambodo, penggunaan jalur alternatif tersebut tentunya dapat mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi di jalan arteri Bekasi.

"Sehingga ini bisa sedikit memecah karena kalau semuanya bertumpu ke arteri Bekasi Kota, Bekasi Kabupaten, Karawang. Baru nanti di Purwakarta tentu nanti akan bergabung dengan kendaraan yang dialihkan dari dalam tol ke arteri," jelasnya.

BERITA TERKAIT