test

News

Minggu, 8 Mei 2022 14:38 WIB

Polda Metro: Ada Peningkatan Arus Balik, GT Halim dan Cikunir Masih Lancar

Editor: Hadi Ismanto

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menginformasikan kondisi arus balik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) meningkat dalam dua hari terakhir.

"Sejak tadi malam arusnya sudah meningkat dari dua hari lalu di Cikampek 66 ribu, kemudian naik 80 ribu. Nah, nanti kita lihat perkembangan seperti apa (hari ini)," ungkap Sambodo kepada wartawan di Pospam Km 3+500, Minggu (8/5/2022).

"Kalau kita lihat dari pagi memang sudah ada peningkatan-peningkatan volume dari arah timur menuju Jakarta," imbuhnya.

Kendati mengalami peningkatan, Sambodo menyebut belum ada hambatan yang terjadi di Gerbang Tol Halim dan Cikunir. Antrean di kedua gerbang tol masih terpantau lancar.

"Alhamdulillah, dari peningkatan yang terjadi kemarin kalau dari GT Halim dan GT Cikunir yang ke arah JORR itu sampai sekarang belum ada hambatan. Antrean di GT masih cukup lancar, satu dua kendaraan selesai," tuturnya.

Lebih lanjut Sambodo menjelaskan, pemberlakuan one way (satu arah) di Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai Km 66 Jalan Tol Japek arah Jakarta masih berlangsung hingga kini.

Sementara penerapan one way hingga Km 3 akan diberlakukan secara situasional sesuai dengan kebutuhan. "Iya, situasional tergantung dinamika di lapangan," ucapnya.

Sambodo mengatakan perubahan arus lalu lintas tersebut diberlakukan sejak pukul 09.00 WIB. Sementara itu, contraflow juga diberlakukan satu jalur dari Km 66-28 Tol Japek arah Jakarta.

"Kemudian 28 sampai Halim itu normal," kata Sambodo.

Sambodo menyebut perubahan itu dilakukan agar warga yang hendak ke Bandung masih dapat melintas. Nantinya, setelah tiba di Km 66, warga dapat langsung mengambil arah Tol Cipularang.

"Mudah-mudahan langkah ini bisa dilakukan relaksasi kita kosongkan dulu jalur arterinya," tukasnya.

BERITA TERKAIT