Fokus

Minggu, 8 Mei 2022 13:20 WIB

Keberhasilan Polri Mengawal Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Editor: Hadi Ismanto

Infografis kemacetan lalu lintas saat arus mudik Lebaran 2022. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Polri menerapkan sejumlah skenario dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Di antaranya merekayasa lalu lintas dan menyiagakan personil pengamanan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan seluruh personel kepolisian telah diminta untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran.

Semua upaya dan strategi tersebut, lanjut Sigit, dilakukan demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang kembali pulang, usai merayakan Lebaran bersama keluarga dikampung halaman.

"Tentunya seluruh anggota akan bersiap dilapangan, dan melakukan evaluasi-evaluasi. Sehingga proses arus balik, yang saat ini sudah mulai berjalan," ungkap Sigit Prabowo saat meninjau langsung situasi terkini arus balik di Pospam Halim, Jakarta.

"Kami telah instruksikan kepada seluruh anggota untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk pengamanan dan pelayanan arus balik," sambungnya.

Polri Bakal Perpanjang Penerapan One Way Arus Balik Hingga Tol Semanggi

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berserta jajarannya. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berserta jajarannya. (Foto: PMJ News)

Kapolri menekankan pihaknya akan terus mengikuti perkembangan arus balik Lebaran 2022, yang diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2022.

Menurut Sigit, beberapa kesiapan dan antisipasi lainnya pun telah disiapkan secara matang dan penuh perhitungan apabila terjadi kepadatan volume kendaraan saat arus balik.

"Perkembangan untuk penarikan kepala one way dari Kalikangkung dan ekornya nanti apabila memang arus baliknya padat akan ditarik sampai ke KM 3+500 atau di Gerbang Tol Halim," tuturnya.

"Apabila dalam perkembangannya kemudian kepadatan terus meningkat, mau tidak mau harus kita urai, maka akan kita tarik ekor One Way ini sampai di Gerbang Tol Semanggi," imbuhnya.

Selain rekayasa lalu lintas one way dan contraflow, Sigit menjelaskan pihaknya juga menyediakan jalur arteri untuk para pengendara dari arah Barat menuju Timur dan wilayah Jawa.

"Jadi bisa lewat jalur arteri untuk masyarakat yang mengarah ke Bandung, Jawa Tengah, kami siapkan jalur alternatif untuk kurangi risiko kepadatan dan kurangi crossing," tutupnya.

Kapolri Sarankan WFH Usai Libur Lebaran untuk Urai Kemacetan Arus Balik

Peninjauan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News).
Peninjauan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: PMJ News).

Untuk mengurai kemacetan pada arus balik, Kapolri Sigit juga mengimbau kepada instansi baik swasta maupun pemerintah yang masih memungkinkan dalam satu minggu ke depan bisa melaksanakan aktivitas kantor secara online atau Work From Home (WFH).

"Perlu dikoordinasikan sehingga perusahaan, instansi perkantoran yang ada, kemudian bisa koordinasi dengan karyawannya sehingga proses kegiatan tetap bisa berjalan, namun masyarakat juga tidak menghadapi risiko arus balik di tanggal 6, 7, 8 Mei," jelasnya.

Strategi dan imbauan tersebut, lanjut Sigit, bisa dilakukan dengan harapan arus balik Lebaran pada tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Masyarakat bisa kembali beraktivitas ke kantor untuk bekerja dan di dalam perjalanannya bisa tetap nyaman serta petugas kita akan all out memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," tukasnya.

Hindari Kemacetan Saat One Way, Polda Metro Siapkan Rute Alternatif Menuju Bandung

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News)
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News)

Mendukung arahan Kapolri terkait arus balik Lebaran 2022, Polda Metro Jaya mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Bandung untuk memilih rute alternatif.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pemilihan rute alternatif ini disarankan agar masyarakat tidak terjebak kepadatan arus lalu lintas kendaraan selama masa arus balik mudik 6-8 Mei 2022.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju Bandung saat one way arus balik, kami siapkan rute alternatifnya," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Rute alternatif pertama, kata Sambodo masyarakat bisa melewati Ciawi yang langsung terhubung ke Sukabumi dan masuk Cianjur hingga menuju Bandung.

"Alternatif kedua lewat Cibubur, Cileungsi, Jonggol nanti tembus Cianjur langsung ke Bandung. Ini yang kita sarankan untuk digunakan," sambungnya.

Ketiga, masyarakat bisa melewati jalan raya arteri Pantura, mulai dari Kalimalang, Tambun, lalu Kedungwaringin, Tanjung Pura sampai Karawang.

"Kemudian melewati Simpang Jomin sampai Purwakarta, nanti bisa lewat Cikalong, tembus Padalarang Bandung. Rute alternatif keempat yakni dengan melewati jalur arteri hingga Subang, Wanayasa, kemudian sampai di Lembang, Bandung," terangnya.

Cegah Kemacetan Arus Balik, Polisi Tutup Akses dari Tol Dalam Kota Jakarta dan Priok

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/ Yeni)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/ Yeni)

Untuk mencegah kepadatan yang terjadi akibat arus balik Lebaran 2022, Polda Metro Jaya akan menutup ruas Tol Cikampek dari arah Tol Dalam Kota Jakarta. Selain itu, polisi juga menutup ruas tol dari arah Priok.

"Hari ini, pukul 11.00 WIB Tol Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok ditutup," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (6/5/2022).

"Penutupan dilakuan untuk mengurangi beban arus lalu lintas ke arah timur pada saat one way," ucapnya.

Selain itu, penerapan skema rekayasa lalu lintas one way atau satu arah dalam rangka arus balik mudik Lebaran 2022 diperpanjang titiknya hingga Gerbang Tol (GT) Halim Utama KM 3+500.

"Pada hari Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 05.00 WIB sudah dimulai pelaksanaan clearence atau pembersihan sebagai dalam rangka untuk persiapan one way dari gerbang tol Kalikangkung sampai dengan KM 3+500," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan.

BERITA TERKAIT