test

News

Selasa, 3 Mei 2022 20:01 WIB

Alami Gejala Hepatitis Misterius, Kemenkes Minta Warga Segera Lapor

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau warga untuk segera melapor jika mengalami gejala-gejala Hepatitis misterius yang saat ini sedang diselidiki.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan pihaknya menemukan tiga kasus kematian terkait penyakit tersebut. Menurutnya, laporan dari masyarakat akan membantu dalam proses penyelidikan.

"Kewaspadaan terhadap kasus demam kuning dan gejala saluran cerna lainnya, seperti mual, muntah, diare hebat, untuk segera masyarakat melaporkan," kata Nadia dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Nadia kemudian meminta agar seluruh Dinas Kesehatan di Indonesia waspada dan segera melakukan investigasi jika menemukan warga dengan gejala Hepatitis misterius.

Adapun terkait kematian tiga anak yang disebut karena menderita Hepatitis misterius, Nadia menyebut pihaknya dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih menelitinya.

"Kita masih lakukan investigasi kontak," terangnya.

Seperti diketahui, sejumlah negara melaporkan adanya temuan penyakit Hepatitis misterius. Ratusan remaja di berbagai negara dikabarkan mengidap penyakit tersebut.

Total, terdapat empat kasus meninggal akibat penyakit Hepatitis misterius. Tiga diantaranya berasal dari Indonesia.

BERITA TERKAIT