test

Hukrim

Sabtu, 23 April 2022 19:07 WIB

Polisi Amankan Tiga Kader HMI Saat Demo di Depan Istana Negara

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardana. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Sebanyak tiga orang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diamankan polisi saat melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat (22/4/2022) lalu.

Ketiga kader yang diamankan antara lain, Akmal Fahmi, Imam Zarkasi, dan Andi Kurniawan. Ketiganya masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Masih di Polres dan menjalani pemeriksaan, statusnya masih saksi," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardana kepada wartawan, Sabtu (23/4/2022).

Dikatakan Wisnu, ketiga kader HMI ini diduga melanggar aturan dalam penyampaian pendapat di muka umum. Terlebih pada aksi unjuk rasa kemarin, pihak koordinator tidak memberikan surat pemberitahuan ke pihak kepolisian.

"Iya ada (pelanggaran hukum) karena tidak ada pemberitahuan demo, dia salah juga," sambungnya.

Lanjut Wisnu, pihaknya akan tetap memproses ketiganya sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku meskipun pada akhirnya akan dipulangkan.

"Kalau dipulangkan ya bisa saja, tapi prosedural tetap berlaku," ujar Wisnu.

Sebagai informasi, sejumlah massa dari kelompok HMI melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara pada Jumat, 22 April 2022 kemarin.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, massa menuntut agar salah seorang kadernya di Bekasi sekaligus guru ngaji bernama Muhammad Fikry dibebaskan dari tuduhan yang menjeratnya sebagai pelaku begal.

BERITA TERKAIT