test

News

Kamis, 21 April 2022 17:28 WIB

Kemenkes: Baru Sembilan Provinsi yang Vaksinasi Booster Capai 50 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Karo Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes RI)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat menjelang mudik Lebaran 2022 baru sembilan provinsi di Indonesia yang telah mencapai cakupan vaksinasi booster lebih dari 50 persen.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan capaian vaksinasi booster masih relatif rendah, sehingga perlu dilakukan percepatan agar cakupannya bisa lebih tinggi.

"Baru sembilan provinsi yang cakupan vaksinasi booster-nya mencapai di atas 50 persen dan sisanya masih banyak di bawah 50 persen," ujar Nadia di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Nadia menilai vaksinasi booster bisa mencegah risiko terinfeksi Covid-19, maupun dirawat dengan gejala berat. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi lengkap dua dosis ditambah dengan booster secepatnya.

"Diharapkan daerah-daerah lain untuk segera mempercepat vaksinasi dan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi lanjutan sesuai waktunya. Orang tua atau lanjut usia (lansia) harus mendapatkan perlindungan dari resiko terinfeksi Covid-19," tuturnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini sudah lebih dari 392 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke lebih dari 60 persen dari total populasi Indonesia telah menerima vaksinasi Covid-19.

"Sebanyak 198 dosis vaksinasi pertama, sebanyak 162 juta dosis kedua, dan 31,2 juta dosis ketiga," tukasnya.

BERITA TERKAIT