test

Kesehatan

Rabu, 20 April 2022 10:15 WIB

5 Makanan Sahur yang Bisa Jaga Anda Tetap Terhidrasi Selama Jalani Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Makan sahur bersama. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi).

PMJ NEWS - Sahur menjadi bagian penting sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan. Pasalnya, makan sahur dapat menyediakan semua nutrisi penting sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lancar sepanjang hari.

Disarankan sahur dengan nutrisi yang seimbang dapat memberikan energi dan stamina tubuh manusia untuk menahan lapar hingga waktu berbuka puasa. Sebab itu, penting untuk membuat pilihan makanan yang tepat saat sahur.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/4/2022), berikut beberapa makanan untuk sahur yang akan membantu Anda tetap terhidrasi dan berenergi.

1. Telur
Telur kaya protein, vitamin dan nutrisi. Makan telur akan membuat Anda merasa kenyang. Ada banyak cara di mana seseorang bisa makan telur. Anda bisa membuat telur dadar sayur yang berat dan memadukannya dengan roti coklat.

Selain itu, Anda juga bisa membuat orak-arik telur dan meletakkannya di atas roti coklat yang sudah dilapisi selai kacang atau mentega almond. Anda dapat menyimpan telur rebus selama seminggu dan kemudian mencampurnya dengan salad.

2. Oatmeal
Makanan kaya protein tidak hanya memiliki satu tetapi banyak manfaat. Makanan kaya protein memberi Anda banyak energi. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera.

Anda bisa membuat smoothie oatmeal yang mengandung pisang dan susu. Ini akan membuatnya lebih enak dan gurih. Anda juga dapat memilih untuk menambahkan kacang. Sesuaikan hidangan sedemikian rupa sehingga rasanya enak dan mengenyangkan

3. Ikan atau Ayam
Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena dapat menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng sangat dilarang karena dapat membuat Anda cepat haus.

Ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan seseorang yang berpuasa berenergi sepanjang hari.

4. Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi. Selain itu, selain hanya minum air putih, seseorang perlu makan buah dan sayuran yang akan membantu mereka tetap terhidrasi.

Buah dan sayur tersebut di antaranya semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri. Anda dapat membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran.

5. Kacang
Jika Anda memasangkan kacang dengan susu panas maka itu akan menjadi kombinasi yang sehat karena produk susu juga sangat mengenyangkan. Anda juga bisa menambahkan kacang ke yogurt.

Jika Anda ingin memasangkannya dengan roti maka Anda bisa menggunakan mentega kacang. Selai almond dan selai kacang akan memberi Anda energi serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

BERITA TERKAIT