test

Kesehatan

Kamis, 31 Maret 2022 10:20 WIB

Studi: Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dirasakan di Tangan dan Kaki

Editor: Hadi Ismanto

Tanda-tanda gangguan kesehatan sering terjadi di kaki. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Sebuah penelitian di Irish Heart Foundation mengungkap lebih dari seperempat orang dewasa di Irlandia berusia 50 tahun ke atas menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kondisi ini menjadi faktor risiko utama serangan jantung atau stroke.

Banyak orang dirawat karena kadar kolesterol tinggi, tapi ada ribuan kasus yang tidak terdiagnosis. Bagi banyak orang, kondisi ini tidak disadari dan hanya dapat dideteksi dengan tes darah yang secara khusus melihat level Anda.

Namun, ada tanda-tanda potensial di tangan dan kaki Anda yang bertindak sebagai peringatan dini. Oleh karena itu, tanda pertama yang harus diwaspadai adalah rasa sakit yang berkelanjutan di tangan dan kaki.

Seperti dilansir dari laman Mirror, Kamis (31/3/2022), tanda peringatan dini lainnya adalah sensasi kesemutan terus menerus yang dirasakan di daerah tubuh ini. Benjolan kecil, kuning, berwarna daging atau merah yang lunak menunjukkan kadar kolesterol tinggi.

American Academy of Dermatology Association mengatakan benjolan ini bisa muncul di siku, sendi, tendon, lutut, tangan atau kaki. Benjolan ini terkadang sangat kecil, sementara yang lain berdiameter lebih dari tiga inci.

Mereka biasanya disebabkan oleh endapan dari kolesterol tinggi. Namun mereka juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius lainnya seperti pankreatitis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Engineering and Informatics, melihat bagaimana lipatan yang tidak biasa ditemukan di tangan bisa menjadi indikasi kadar kolesterol tinggi.

Banyak orang tidak akan mengalami salah satu dari tanda-tanda peringatan ini, tapi masih berisiko terkena kolesterol tinggi. Anda harus menghubungi dokter umum Anda untuk menjadwalkan tes darah jika Anda ragu dengan kesehatan Anda.

BERITA TERKAIT