test

Hukrim

Selasa, 27 Oktober 2020 14:50 WIB

Kapolda Metro: Diajak Via Medsos, Pelaku Kerusuhan Tak Paham Tujuan Berdemo

Editor: Fitriawan Ginting

Barang Bukti yang diamankan dari tangan pelaku. (Foto ; PMJ/Fjr).

PMJ- Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Nana Sudjana mengatakan para pelaku kerusuhan dalam aksi demonstrasi pada beberapa waktu lalu yang didominasi para remaja itu tak mengetahui tujuan dari aksi mereka sebenarnya.

"Selama ini kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap mereka. Apakah mereka sebenarnya tahu yang kemudian mereka melakukan demo tujuannya apa, misalnya masalah selama ini tentang undang-undang Cipta kerja. Mereka faktanya dari hasil keterangan, mereka sama sekali tidak tahu," kata Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (27/10/2020).

Barang Bukti yang diamankan dari tangan pelaku. (Foto ; PMJ/Fjr).

"Mereka selama ini hanya mengikuti ajakan melalui media sosial, kemudian ajakan secara langsung, mereka diajak oleh seseorang," sambungnya.

Irjen Nana juga menuturkan para pelajar yang tergabung dalam WA grup ataupun Facebook itu mempunyai kesamaan yakni bersama ingin terlibat demo.

"Dari beberapa orang yang kami tanyai keterangan mereka, jadi mereka ada juga yang tadi mereka diajak oleh teman-temannya, kemudian rasa solidaritas tinggi bahwa mereka dalam suatu WA grup tersebut, atau pun di akun tersebut.” jelas Nana Sudjana.

“Kalau mereka misalnya turun mereka akan turun, jadi ini sebenarnya lebih banyak karena mereka ajakan dari rekan-rekan dan mereka sepertinya memang ada rasa ingin mengetahui. Mereka ingin tahu aksi demo itu dan mereka ingin merasakan kalau demo rusuh itu seperti apa," sambung Nana.(Fjr/Gtg-03)

BERITA TERKAIT