test

News

Sabtu, 5 Februari 2022 07:39 WIB

Kemenkes: Jumlah Pasien Covid-19 Dirawat di Rumah Sakit Masih Rendah

Editor: Ferro Maulana

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kementerian Kesehatan memastikan angka keterisian tempat tidur di rumah sakit masih landai. Walaupun angka terkonfirmasi positif Covid-19 harian pada Jumat (4/2/2022)z mencapai 32.211 kasus.

"Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit masih rendah. Selain itu, sebagian besar kasus terkonfirmasi merupakan kasus tanpa gejala dan bergejala ringan,” terang Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam siaran persnya, Sabtu (5/2/2022).

Nadia melanjutkan, meskipun kecepatan penularan dari varian Omicron tersebut lebih cepat ketimbang varian Covid-19 yang lain, tetapi kematian akibat varian itu rendah.

“Hal ini dapat terlihat dari kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional masih sangat rendah,” katanya.

“Rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini juga tidak bergejala dan gejala ringan," ujarnya. 

"Berdasarkan data, meski secara tren kenaikan kasus varian Omicron ini ada kemiripan dengan Delta, namun angka keterisian tempat tidur rumah sakit jauh lebih landai," sambungnya. 

Nadia menambahkan, pemerintah menghimbau masyarakat yang positif Covid-19 namun tidak bergejala ataupun bergejala ringan tidak perlu ke rumah sakit. 

Sehingga, menurutnya, akan mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan.

“Cukup melakukan isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat, serta memanfaatkan layanan telemedicine jika tersedia, atau melapor ke Puskesmas terdekat," tuturnya. 

"Dengan demikian kita dapat mengurangi beban rumah sakit dan tenaga kesehatan, serta membantu menyelamatkan orang lain yang memiliki gejala sedang hingga kritis,” tandasnya. 

BERITA TERKAIT