test

News

Rabu, 26 Januari 2022 12:20 WIB

Satgas Covid-19: Indonesia Sukses Kendalikan Kasus Selama Libur Nataru

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut Indonesia berhasil melewati periode libur panjang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tetap mempertahankan kondisi kasus yang terkendali.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan capaian ini berkat kerjasama seluruh lapisan masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu. Satgas juga mengapresiasi pemerintah pusat dan daerah yang terus berkoordinasi untuk mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan, pelaksanaan vaksinasi, dan pengawasan protokol kesehatan di tempat umum sehingga kasus tetap terkendali.

"Terlebih pula kita berhasil mempertahankan kondisi ini di tengah keberadaan varian Omicron yang lebih menular dan berpotensi menyebabkan kenaikan kasus yang signifikan," ungkap Wiku seperti dikutip dari konferensi pers daring, Rabu (26/1/2022).

Menurut Wiku, prediksi kenaikan kasus akibat varian omicron sebelumnya semata-mata merupakan bentuk kewaspadaan dan kehati-hatian agar upaya pencegahan dan penanggulangan dapat disiapkan sebaik mungkin.

"Namun, proyeksi yang telah dibuat nyatanya berbeda jauh dengan kondisi saat ini, meskipun saat ini kasus sedikit mengalami peningkatan. Namun, masih jauh lebih rendah dari estimasi yang diprediksi paling mungkin terjadi," tuturnya.

Lebih lanjut Wiku menjelaskan, dari data update 2 Januari 2022, peningkatan kasus mingguan aktual yang terjadi adalah sebesar 1.500 kasus per pekan. Sementara prediksi pada akhir tahun lalu adalah 400.000 kasus per pekan.

Dari sisi kekebalan komunitas per 20 Januari 2022, lanjut Wiku, capaian vaksinasi dosis lengkap telah mencapai 45,92 persen dari total populasi. Selain itu, pemerintah sudah mulai melaksanakan vaksinasi penguat atau booster.

BERITA TERKAIT