test

Olahraga

Senin, 21 Oktober 2019 08:08 WIB

Penjualan Jersey CR7 Capai Lebih 1,3 Juta, Juventus Untung Besar

Editor: Redaksi

Cristiano Ronaldo. (Foto: Dok Net)

PMJ– Ibarat mitologi Yunani, Cristiano Ronaldo seperti Raja Midas yang mampu mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Sekarang, Juventus menjadi klub yang memperoleh keuntungan besar dari hadirnya Ronaldo.

Setelah Manchester United dan Real Madrid, saat ini Juventus mendapatkan keuntungan besar yang berkali lipat sejak kedatangan Ronaldo. Tak hanya dari segi prestasi, kehadiran bintang Timnas Portugal itu membuat mereka berhasil meraih pemasukan yang sangat besar.

Surat kabar Italia, Gazzetta dello Sport melaporkan bahwa Juventus hingga saat ini sudah berhasil menjual lebih dari satu juta jersey sejak kedatangan Ronaldo, tepatnya 1.315.000 jersey (saat laporan ini dibuat). Jumlah tersebut dengan harga penjualan per biji 130 euro, menghasilkan total pendapatan sebesar 170 juta euro.

Memang terdapat biaya produksi, distribusi, dan biaya-biaya lain sebagainya di dalam angka itu, tapi jelas Si Nyonya Tua mendapatkan keuntungan besar hanya dari penjualan kaos.

Berikutnya, ‘Cristiano effect’ ini tidak terjadi hanya dalam penjualan jersey. Juventus juga mengalami loncatan pendapatan dari sponsorship dan advertising dari yang sebelumnya 86,8 juta euro kini menjadi 108,8 juta euro, meningkat 21,9 juta euro sejak kedatangan Ronaldo.

Tidak berhenti di sana, pendukung Juventus juga meroket setelah kedatangan Ronaldo. Total ada 38 juta penggemar baru yang melengkapi total 423.000.000 total penggemar Juventus dari hasil studi Nielsen Sports, yang mengambil data dari 45 negara di seluruh dunia.

Catatan tersebut membuat Juventus naik tiga peringkat dalam jumlah suporter di seluruh dunia, dari peringkat ke-11 naik ke peringkat ke-8. Meski begitu, sempat mendapat kritik saat mendatangkan Ronaldo, namun bukti-bukti di atas berhasil membungkam kritik tersebut.

Juventus menghabiskan 100 juta euro untuk mendapatkan Ronaldo dari Madrid, ditambah 12 juta euro lainnya dalam bentuk bonus. Angka-angka tersebut tentu akan terbayar lunas dalam waktu singkat. (FER).

BERITA TERKAIT