test

News

Minggu, 16 Januari 2022 21:01 WIB

Polda Metro Ungkap Alasan Street Race Digelar dengan Format Latihan

Editor: Hadi Ismanto

Polda Metro Jaya menggelar street race di beberapa kawasan. (Foto: PMJ News/Yeni)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menyebut gelaram street race atau balap jalanan yang diselenggarakan di kawasan Ancol, Jakarta Utara masih mengacu pada format latihan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan format latihan bersama untuk ajang street race ini merupakan hasil kesepakatan bersama dengan komunitas pebalap.

"Jadi ini formatnya adalah latihan bersama. Tidak ada juara 1, 2, ataupun juara 3. Para komunitas yang mengatur, alhamdulillah dengan format seperti ini acara berjalan dengan lancar, aman, tertib dan everybody happy, penontonnya dapet, crowdnya dapet," jelas Sambodo kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Sambodo menyampaikan ke depannya konsep ajang balap jalanan ini akan tetap sama. Mengingat tujuan utama dari gelaran street race ini yaitu untuk merangkul semua pebalap jalanan yang selama ini kerap melakukan aksi balap liar.

Jika nantinya ajang balap jalanan ini akan dilanjutkan dengan konsep kejuaraan maka akan menggunakan format baru yang lebih ketat, khususnya dari segi persyaratannya.

"Kalau sifatnya kejuaraan, ada juara 1, 2, dan 3 itu persyaratannya pasti akan lebih ketat. Ada timingnya juga lebih ketat. Otomatis mungkin sedikit pebalap yang bisa tersaring yang bisa ikut perlombaan," terangnya.

"Sehingga, mungkin model latihan bersama seperti ini akan kita pelihara terus. Kalau pun ada perlombaan, nanti tinggal IMI saja yang mengadakan dengan ketentuan-ketentuannya," tuturnya.

"Tapi kalau niatnya adalah untuk menjaring semua pebalap jalanan, mungkin format seperti ini lebih baik," sambungnya.

BERITA TERKAIT