test

News

Jumat, 14 Januari 2022 14:05 WIB

Diresmikan, Jokowi Harap Bendungan Bintang Bano Dukung Ketahanan Pangan NTB

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, NTB. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bendungan yang menelan biaya Rp1,44 triliun ini selesai dikerjakan dalam waktu lima tahun.

"Alhamdulillah pada hari ini, Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak 2015 sudah selesai dan bisa difungsikan. Bendungan ini adalah satu dari 6 bendungan yang dibangun di provinsi NTB," ujar Jokowi seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (14/1/2022).

"Dan dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat pada pagi hari ini, saya nyatakan diresmikan," sambungnya.

Menurut Jokowi, Bendungan Bintang Bano merupakan bendungan yang ke-29 yang telah diresmikan di seluruh Tanah Air sejak 2015. Jokowi menargetkan pada 2024 nanti, 57 bendungan di Indonesia bisa diselesaikan.

Dia menambahkan, Bendungan Bintang Bano merupakan satu dari enam bendungan yang dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, dua bendungan telah diresmikan di antaranya Bendungan Mila dan Bendungan Tanju.

"Dua bendungan yang telah kita resmikan yaitu Bendungan Tanju dan Bendungan Mila yang kita resmikan di 2018," jelasnya.

Presiden berharap bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat. Termasuk mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB, dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku. Khususnya di wilayah-wilayah kering di Provinsi NTB.

"Bendungan Bintang Bano ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, 76.000.000 meter kubik, dengan luas genangan 256 hektar. Dan mampu mengairi sawah 6.700 hektar," tukasnya.

BERITA TERKAIT